Besok, Buruh Mogok Nasional

1_1

Teman-teman…

Saya sangat percaya, besok akan tercatat sebagai hari paling bersejarah bagi buruh Indonesia. Saya bahkan tidak lagi peduli, apakah besok itu akan disebut sebagai mogok nasional, unjuk rasa nasional, atau ulangan (eh, maksud saya perlawan) umum sekalipun. Saya tidak peduli. Satu hal yang saya benar-benar peduli, setelah ini, segala warna yang berbeda harus menjelma pelangi.

Bahwa sejarah gerakan selalu diwarnai pasang surut, saya paham. Seringkali perpecahan dan persatuan hanya dibatasi tabir tipis. Apalagi, terlalu banyak pihak yang tidak menghendaki persatuan seperti ini terjadi.

Maka ketika besok kita membuktikan bisa bersama-sama berjuang dalam satu barisan, bagi saya, itu adalah capaian yang penting. Dengan demikian, kita sedang berinvestasi, untuk memastikan usia perlawanan ini akan panjang.

Inilah hari, ketika semua teori diuji. Saat segala persiapan dan konsolidasi yang kita pernah lakukan mendapatkan tempat untuk dipraktekkan.

Dengan persiapan seperti itu, terbayang dalam benak saya, besok, tidak akan sempat bertanya, “Dimana posisi para pemimpin serikat berada?”.

Saya juga tidak akan nyinyir dengan menanyakan, mengapa serikat di PT. A atau B belum juga melakukan pemogokan. Mengapa yang disana hanya mengirimkan perwakilan. Dan sebagainya, dan sebagainya. Tidak akan sempat. Sungguh!

Besok, semua orang akan memberikan kontribusi semaksimal yang mereka bisa. Dan jika perlu, mengambil tanggungjawab lebih. Mereka lupa bagaimana caranya mencari kelemahan/kekurangan kawan seperjuangan. (*)

Kahar S. Cahyono

 

One thought on “Besok, Buruh Mogok Nasional

Tinggalkan Balasan

