Mendukung Calon Independent

1

Dalam satu kesempatan, saya pernah mengikuti “Workshop Hasil Riset Menemukan Ruang Baru Bagi Demokrasi Partisipatif”. Ada banyak hal yang kami diskusikan. Salah satunya tentang bagaimana membuka ruang, agar masyarakat bisa terlibat dalam suatu kegiatan politik. Sesuatu yang kemudian membuat saya tertarik untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik.

Maka ketika mengetahui Obon Tabroni berencana maju sebagai Bupati Bekasi melalui jalur independent, saya menaruh harapan besar kepadanya. Kata “independent” membuat saya jatuh cinta, dan kemudian tertarik untuk mendukungnya. Sungguh….

Ketika rakyat belum memiliki alat politiknya sendiri, memberikan dukungan kepada calon independent adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Jawaban saya, sama persis dengan temuan penelitian mengenai Strategi Kandidat Pro-Demokrasi Dalam Pilkada yang dilakukan beberapa tahun lalu:

1) Secara ideal, fungsi partai politik dalam pilkada adalah mengusung kader partai sebagai kandidat kepala daerah. Tetapi yang terjadi, partai politik justru memberikan prioritas kepada kandidat dari luar partai, yang biasanya atas dasar adanya “deal-deal tertentu”.

2) Partai memanfaat institusi partai lebih sebagai “kendaraan politik”, “perahu politik”, bahkan “ajang transaksi” untuk memasukkan nominal finansial yang diklaim sebagai ongkos konsolidasi partai.

3) Partai tidak transparan dalam melakukan penjaringan atau seleksi terhadap kandidat. Hal ini ditopang dengan dominasi hierarki kepengurusan partai di tingkat pusat.

4) Dinamika kehidupan partai hanya signifikan terlihat ketika hajatan formal-prosedural akan dimulai. Sulit membayangkan entitas partai yang seharusnya hidup dari waktu ke waktu, tetapi seperti terlihat ada ketika menjelang pemilu.

5) Kandidat yang diusung partai kebanyakan dengan jelas memilih strategi menabur uang. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s