Menang Lomba Menulis, Saya Diajak Mengikuti Kunjungan Buruh Migrant ke Hongkong

Saya bersyukur, tulisan saya ‘Bukan Pilihan Yang Kau Kehendaki’ terpilih sebagai pemenang lomba menulis blog dengan tema, apakah yang kamu pikirkan tahu dan lihat dari buruh Migran? Lomba menulis ini diselenggarakan oleh Melanie Subono dan blogdetik. Sedangkan penilaian, dilakukan secara cermat oleh Melanie Subono dan tim juri Migrant Care.

Untuk itu, pada tanggal 15-19 Mei 2015 saya diajak ke Hongkong. Mengikuti kunjungan buruh Migrant bersama Melanie Subono. Tiket PP Jakarta-Hongkong-Jakarta, Akomodasi, Konsumsi dan uang saku Rp 500 ribu per hari, disediakan oleh panitia.

Informasi bahwa tulisan saya terpilih sebagai pemenang, saya ketahui dari komentar pembaca yang masuk ke email. Ketika itu saya dalam perjalanan ke Jakarta, menghadiri rapat penyusunan materi pendidikan politik di KSPI. Dengan berdebar, saya membuka blogdetik. Ternyata benar, tulisan saya terpilih sebagai pemenang. Sesaat ketika saya sampai di KSPI, istri saya menelpon dan memberitahukan kabar yang sama.

Sejak mengetahui informasi lomba menulis tentang buruh migran, saya sudah memastikan untuk ikut. Dalam 13 tahun terakhir ini, saya aktif dalam gerakan buruh. Apalagi, sejak kecil, saya sering mendengar ada orang yang mengadu nasib ke luar negeri, sebagai TKW/TKI, hanya karena tidak ada lapangan pekerjaan yang tersedia di negeri ini. Belakangan saya tahu, teman-teman saya ketika kecil, banyak yang merantau ke Negeri orang. Bayangan itulah yang selalu berkelebat dalam benak saya, yang kemudian saya konstruksikan ulang dalam sebuah tulisan.

Tentu saja, nanti saya akan membuat tulisan dari perjalanan ini. Berharap suara-suara yang selama ini “terbungkam” akan terdengar kencang, menembus dinding kekuasaan.

Jujur saja, kemenangan ini memotivasi saya untuk terus menulis. Untuk menyuarakan suara hati kaum yang tertindas. (*)

Tinggalkan Balasan

