Menulis, Bekerja Untuk Keabadian

Foto bersama dengan perserta pelatihan menulis di Purwakarta (Jum`at, 23 Januari 2015)
Foto bersama dengan perserta pelatihan menulis di Purwakarta (Jum`at, 23 Januari 2015)

Kamis hingga Sabtu, 22 – 24 Januari 2015, saya berada di Purwakarta. Salah satu agenda paling berkesan adalah saat “mengompori” kawan-kawan FSPMI untuk menulis buku.

Mengapa buku? Saya kira, buku menjadi media yang tepat untuk mendokumentasikan gerakan. Bisa lebih detail mengumpulkan setiap kepingan peristiwa. Dan lebih lama menyimpan rasa. Lintas generasi.

Meskipun dikemas dalam pelatihan menulis, tetap saja dalam durasi yang singkat itu tidak mampu mengupas hingga habis. Tetapi percayalah. Pelajaran terpenting dari menulis adalah menulis. Karena itu saya selalu berpesan agar mulai berkarya, nikmati prosesnya, dan rasakan keajaibannya.

Saat ini, saya mulai menuliskan tentang gerakan buruh Purwakarta. Pesanan KC FSPMI Purwakarta. Penulisannya saya kerjakan beselang-seling dengan penulisan biografi seorang tokoh buruh di Bekasi.

Meskipun begitu, jangan menyangka 24 jam dalam satu hari saya berada di depan komputer. Sehari, saya benar-benar serius menulis paling banter hanya 2 jam. Biasanya pagi-pagi sekali. Saat pikiran masih jernih. Selebihnya saya masih bisa mengisi pelatihan, menghadiri rapat-rapat organisasi, ikut aksi, pendampingan kasus, dan ‘tetek bengek’ kegiatan lain. Percayalah, menulis tidak akan mengganggu rutinitasmu.

Minggu depan, 1 Februari 2015, saya diundang kawan-kawan Forum Komunikasi Buruh Citeurep (FKBC), Bogor, untuk mengisi pelatihan menulis di sana. Kepada saya mereka menyampaikan ingin mengembangkan media alternatif untuk buruh. Menjadikan kata sebagai senjata.

Dalam hal ini, saya penganut ajaran Pram: “Menulis adalah bekerja untuk keabadian…”

https://d19tqk5t6qcjac.cloudfront.net/i/412.html

Tinggalkan Balasan

