Mengambil Tanggung Jawab

 

Kahar S. Cahyono

Saya anggota FSPMI-KSPI. Dalam pemahaman saya, serikat adalah tempat untuk mengikat individu-individu. Itulah sebabnya, saya meletakkan kepentingan organisasi diatas kepentingan pribadi. Dan ketika pada tanggal 1 Mei 2014 organisasi memutuskan untuk memberikan dukungan politik kepada Capres Prabowo Subianto, saya pun tunduk dan patuh kepada keputusan organisasi. Ikut mengambil tanggung jawab untuk mendukung kebijakan itu.

Sikap saya jelas. Tidak abu-abu. Atau sekedar menghindari kritik-tekanan-pertanyaan dengan mengatakan tidak terlibat dalam polarisasi itu. Bermain di dua kaki. Politik adalah pilihan. Dan pilihan itu sudah dijatuhkan.

Saya tidak mengatakan bahwa apa yang saya lakukan ini adalah tindakan professional. Tidak. Saya ingin bilang, bahwa sebagai seorang kader, saya ikut mengambil tanggung jawab. Saya bukan pecundang yang meninggalkan gelanggang ketika organisasi ini membutuhkan penjelasan atas sikap politik yang telah diambilnya.

Sebagai penulis, bisa saja saya membuat tulisan yang indah-indah hanya untuk menyenangkan semua orang. Mendapat pujian dan diminta membubuhkan tanda tangan pada buku yang diterbitkan. Dan ketika sikap politik ini saya ambil, beberapa kawan mengirimkan pesan. Seorang diantarannya memaki dengan kasar. Saya mengambil resiko itu. Termasuk resiko ketika nantinya pilihan politik ini justru bertolak belakang dengan cita-cita perjuangan.

Kita baru bisa melihat benar tidaknya sebuah strategi, nanti, setelah jadi. Bukan sekarang. Seperti halnya kita baru akan menuai, setelah menanam. Bukan ketika masih dalam tahap mempersiapkan lahan.

Mereka bilang KSPI ditunggangi. Respon pertama ketika mendengar itu, hanya ‘nyengir kuda’. Bagaimana mungkin ditunggangi jika ratusan ribu anggotanya mampu bergerak dan memenuhi GBK dengan biaya sendiri?

Tak banyak yang bisa melakukan ini. Bahkan partai politik yang memiliki anggaran milyaran rupiah sekalipun!

Tidak ada yang sia-sia, selama kita percaya pada gerakan massa. Selama kontrol sosial tetap bekerja.

Kahar S. Cahyono
Serang, 2 Mei 2014

Tinggalkan Balasan

