Seharusnya Sistem yang Bekerja, Bukan Kendali Satu Dua Orang Saja!

Kahar S. Cahyono

Pagi ini saya berada ditengah kesibukan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. Saya harus segera kembali ke Jakarta, karena jam 13.00 siang sudah harus menghadiri rapat dengan Tim Media. Sementara istri dan anak-anak masih tertinggal di Palembang.

Sambil menunggu jadwal penerbangan, saya menyalakan laptop. Dan selalu menyenangkan bisa tersambung dengan internet. Selain bisa berselancar di dunia maya, saya bisa mengirimkan Pengantar Bukti Surat untuk persidangan di PHI siang nanti. Sejak kemarin Sofi dan Ralih sudah menanyakan kapan ia bisa menerima pengantar itu.

Dalam situasi seperti ini, saya merasa bersalah sekali. Seharusnya bukan hanya saya yang bisa membuat surat-surat menyurat untuk PHI: gugatan – replik – duplik – pengantar bukti surat – kesimpulan dan lain sebagainya.

Alasannya selalu saja klasik. Meskipun advokasi dianggap penting, namun jarang sekali ada orang yang bersedia menekuni bidang ini. Banyak kawan lebih suka melakukan aksi beramai-ramai dan mundur teratur ketika kasus sudah masuk jalur litigasi. Beruntung, ada orang-orang seperti Sofi, Ralih, Isroil, Kristian Lelono, Omo dan Mundiah yang mulai berani masuk ke ruang sidang.

Itulah sebabnya, dalam waktu dekat ini saya berencana menyelenggarakan diklat tentang beracara di PHI untuk kawan-kawan FSPMI Tangerang. Bukan hanya sekedar transfer pengetahuan, karena tujuan terpenting dari diklat ini adalah agar semakin banyak diantara kita yang bisa membantu buruh yang mengalami perselisihan. Saya mengundang kawan-kawan yang membutuhkannya untuk memberikan konfirmasi.

Diklat seperti ini bisa kita lakukan secara sederhana. Kuncinya adalah kemauan. Selebihnya karena memang kita membutuhkan ilmu itu.

Saat ini, misalnya, setiap Senin malam Selasa terjadwal Pendidikan Spesialis Pengupahan. Sedangkan setiap Rabu malam Kamis terjadwal Pendidikan Dasar Serikat Pekerja. Dimulai pukul 18.30 – 20.00 dan sudah berjalan sejak sebulan yang lalu.

Kini saatnya sistem yang bekerja. Bukan kendali satu atau dua orang saja…

Tinggalkan Balasan

