Berani Jujur Hebat!

Kahar S. Cahyono

Berani Jujur Hebat!

Saya membaca kalimat ini dari ketinggian sebuah gedung di Jakarta, setahun yang lalu. Saya tak ingat lagi kapan persisnya. Tetapi kalimat itu, masih terasa hingga sekarang bekasnya.

Jujur, barangkali menjadi kata kunci. Dan jika dipraktekkan, sesungguhnya kejujuran akan menciptakan pribadi yang luar biasa.

Bisakah kita jujur dengan kekurangan diri? Mampukah jujur dengan kata hati? Beranikah membuka topeng dari segala maksud yang tersembunyi?

Adakah orang yang bisa bersikap seperti itu? Ada! Datanglah dalam diskusi yang diselenggarakan kawan-kawan buruh. Disana, kalian bisa menangkap kejujuran itu. Mereka dengan polos menyampaikan apa adanya. Terbuka menyuarakan kata hati. Resah dan gelisahnya. Jujur mengungkapkan berbagai pelanggaran ketentuan perundang-undangan di perusahaan tempatnya bekerja. Membahas harapan-harapan, cita dan juga asa.

Anehnya, seringkali kejujuran mereka tak disukai. Dianggap sebagai ancaman dan justru kemudian disingkirkan. Meskipun begitu, kita tak pernah kekurangan stock orang-orang yang pemberani itu. Orang-orang yang mampu dengan lantang mengatakan jika benar itu adalah benar, meski kepahitan yang mereka dapatkan.

Jika sudah demikian, rasanya harapan itu masih ada. Sering kita mengutuk tingkah polah satu dua orang yang memilih tetap berada di zona nyaman dan enggan bergerak melakukan perubahan. Padahal pada saat yang sama, ada ribuan orang yang siap menjadi agen perubahan. “Daripada mengutuk kegelapan, mari segera menyalakan lilin,” begitu nasehat lama yang sering disampaikan kepada kita.

Hanya pemberani yang bisa bersikap jujur. Karena untuk melakukan itu bukannya tanpa resiko.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s