Menyalakan Harapan

Kahar S. Cahyono

Tugas kita adalah menyalakan harapan. Menunjukkan jalan keluar dari setiap permasalahan. Menjadi penyambung aspirasi dan mengajak semua bergandeng tangan untuk berpartisipasi didalam gerakan ini.

Saya setuju dengan, Dee, “Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat, karena aku ingin seiring dan bukan digiring.”

Atau dalam bagian lain, Dee juga pernah bilang, “Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkah ia dimengerti jika tak ada spasi?”

Persatuan tidak harus merubah semuanya kedalam satu warna yang sama. Persatuan selalu memberi ruang bagi setiap perbedaan: sebab jika ruang itu tak tersedia, niscaya yang terjadi adalah perpecahan. 

Di FSPMI, misalnya, antara kita berasal dari unit yang berbeda: SPEE, SPAMK, SPL, SPD, SPPJM, dan SPAI. Ada unit kerja yang memiliki anggota belasan ribu, ada juga yang jumlah anggotanya tak lebih dari jumlah jari kaki yang kita miliki. Ada yang iuran anggota mencapai ratusan juta, ada yang sekedar untuk menutup biaya operasional di PUK-nya tak mencukupi. Tetapi diatas semua keragaman itu, kita adalah satu.

Kali ini kita mengusung ‘go politics’. Barangkali ada diantara kita yang tak setuju. Saya menghargai itu. Tetapi janganlah perbedaan itu membuat kita membangun tembok pemisah: kita dan mereka.

Biarkan ruang perbedaan itu tetap ada. Berikan kesempatan kepada kami, kepada organisasi ini, untuk menunaikan janji: bergerak dari pabrik ke publik. Memberikan sumbang sih yang lebih berarti bagi rakyat dan negeri ini.

“Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat…,”

 

Jabat erat dan salam hangat: Kahar S. Cahyono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s