Perjalanan ke Kota Pahlawan

Pertengahan bulan April lalu, saya bersama-sama dengan Ketua Umum SPAI FSPMI menghadiri Rapat Akbar kawan-kawan SPAI di Surabaya. Kami berangkat dari Rumah Buruh – Bekasi, pada Kamis (19/04) malam. Dan meninggalkan Surabaya pada hari Senin (23/04).

Kami sempat singgah terlebih dahulu di Semarang, pada Jum`at (20/04) pagi. Tepatnya di Sekretariat PC SPAI FSPMI Semarang. Disana kami beristirahat sebentar, sarapan pagi, mandi, dan berbincang dengan beberapa kawan aktivis FSPMI Semarang. Tidak lama, memang, tetapi itu serasa meneguhkan kebersamaan. Seperti hendak menegaskan, bahwa kami adalah bagian yang sama. Kawan seperjuangan.

Dari Semarang, kami melanjutkan perjalanan ke Mojokerto. Sesampai di Mojokerto, Jum`at malam, kami disambut bung Pujianto. Tokoh FSPMI Jawa Timur. Setelah makan malam, kami menuju … untuk mempersiapan pelaksanaan Pelatihan Dasar Garda Metal Jawa Timur yang akan dimulai keesokan harinya.

Kami sempat bermalam di Mojokerto. Satu tenda bertiga, saya bersama dengan bung Obon dan bung Emay.

Setelah pembukaan Latsar Garda Metal Jawa Timur, kami melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Disana kawan-kawan SPAI FSPMI Jawa Timur tengah melakukan konsolidasi. Ada bung Jamal, Sekretaris Umum SPAI FSPMI yang sudah terlebih dahulu hadir. Meski sudah agak terlambat, tetapi setidaknya kami masih memiliki kesempatan untuk bisa ikut serta dalam kegiatan konsolidasi yang diselenggarakan kawan-kawan.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan Seminar dan Lokakarya Nasional: Perlindungan Buruh Outsourcing Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi. Mengingat saya dijadwalkan sebagai pembicara pada hari Minggu, dan bung Obon pada hari Senin, siang itu kami berkesempatan untuk beristirahat.

Lepas Magrib, kami meluncur ke Sidoarjo. Berkunjung dengan salah satu PUK SPAI FSPMI yang saat itu tengah melakukan mogok kerja. Tentu saja, ini menjadi kunjungan yang berkesan. Saya sering melihat pemogokan di tingkat perusahaan, tetapi menyaksikan secara langsung kawan-kawan yang sedang melakukan mogok kerja, jauh dari tempat kita biasa melakukan kerja-kerja organisasi, tentu memberikan kesan tersendiri.

Minggu pagi, kami melakukan Rapat Akbar di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Kami menuntut dihapuskannya outsourcing. Buat saya, Rapat Akbar kali ini sangat istimewa. Bukan karena saya jauh-jauh saya datang ke Surabaya untuk bisa bergabung dengan kawan-kawan, tetapi memang, aksi yang dilakukan kawan-kawan Jawa Timur selalu memberikan kesan. Cek saja di media online, hampir tanpa jeda mereka turun ke jalan.

Dan ini yang menarik, di tengah-tengah aksi, kami sempat melantik pengurus PC SPAI FSPMI Sidoarjo. Pelantikan di tengah-tengah pelaksanaan aksi, jelas menjadi sesuatu yang langka. Tetapi ini sekaligus memberikan makna simbolik, bahwa kerja-kerja serikat pekerja adalah kerja nyata. Aksi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s