Kabar dari Rakernas I SPAI-FSPMI (2): ”Jadikan FSPMI Sebagai Lokomotif Gerakan Buruh Indonesia”

”Diskusi kita adalah bagaimana membangun gerakan buruh Indonesia. Bukan hanya membangun FSPMI. Sebab jika hanya FSPMI yang kuat, maka hanya akan menjadi seperti debu di padang pasir. Tetapi kalau gerakan buruh Indonesia kuat, maka kaum buruh akan memiliki posisi tawar yang menentukan. Jika perjuangan ini bisa mengantarkan buruh Indonesia menjadi sejahtera, sudah tentu buruh-buruh FSPMI juga akan sejahtera.”

Kalimat panjang di atas, saya kutip dari kata-kata Presiden FSPMI, Said Ikbal, saat memberikan sambutan dalam Rakernas I SPAI di Training Center FSPMI. Sebuah tempat istimewa di Cisarua, yang menjadi kawah candradimuka (pusat pendidikan dan kaderisasi) kader-kader FSPMI. Sebuah tempat yang bersejarah, mengingat tidak banyak serikat buruh di Indonesia yang memiliki Training Center, yang dibeli oleh anggotanya sendiri.

Kehadiran SPAI, adalah salah satu bagian dari upaya untuk membangun basis gerakan. Basis gerakan yang kuat adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi, jika ingin menjadikan FSPMI sebagai lokomotif gerakan buruh Indonesia. Tanpa anggota yang militan dan loyal terhadap organisasi, semua itu hanya akan menjadi retorika semata. Ini bukan sekedar pepesan kosong, sebab sejatinya, kerja-kerja inilah yang saat ini sedang kami lakukan.

Bagi sebagian orang, pernyataan di atas terkesan berlebihan. Tidak apa, karena setiap orang memiliki penilaian yang berbeda.

Lepas dari semua itu, buat saya, justru akan menjadi sangat baik jika semua element serikat buruh di Indonesia segera bergegas menuju garis depan perjuangan. Sekali lagi, kita hanya akan menjadi sebutir debu di tengah padang pasir jika melakukannya sendirian. Ketika banyak serikat buruh terinspirasi dengan gerakan ini, lalu ikut ambil bagian untuk memperjuangkan perbaikan, maka akan semakin baik.

Kini saatnya sudah tiba. Apalagi kesadaran bahwa kita tidak bisa melakukannya sendirian, juga disadari oleh gerakan serikat buruh internasional. Bedanya, mereka melakukan langkah konkret. Ini terlihat, misalnya, dengan akan bergabungnya IMF, ICEM, dan ITGLWF.

Itulah juga, yang mendasari lahirnya Serikat Pekerja Aneka Industri.

Seperti dikatakan Presiden FSPMI, ”SPAI lahir untuk menjawab tantangan. Salah satunya adalah adanya persatuan serikat buruh internasional, yakni bergabungnya IMF, ICEM, dan ITGLWF sebagai serikat buruh paling berpengaruh di dunia.”

Oleh karena itu, sangat tidak tepat jika ada yang mengatakan bahwa SPAI lahir dari euforia sesaat. Hanya sekedar untuk memenuhi ambisi dalam menambah jumlah anggota. Sebab sejatinya, SPAI hadir dari sebuah kesadaran. Sadar bahwa buruh harus bersatu, bahwa solidaritas tanpa batas adalah satu-satunya jalan untuk membebaskan rakyat yang tertindas.

Dalam dunia perburuhan, sama sekali tidak ada jaminan bahwa apa yang kita peroleh sekarang akan terus kita dapatkan. Perusahaan yang tadinya sudah mapan, mampu membayar buruh-buruhnya jauh melampaui UMK, tidak sedikit yang tiba-tiba menyatakan rugi dan menutup pabrik. Apalagi ditengah kepungan labour market fleksibilisasi, kepastian kerja seakan menjadi sesuatu yang langka.

Bersatulah buruh Indonesia!

Catatan Ketenakerjaan: Kahar S. Cahyono
Penulis adalah Organizer FSPMI untuk wilayah Banten. Bisa dihubungi melalui e-mail kahar.mis@gmail.com

Baca juga:

1. Kabar dari Rakernas I SPAI-FSPMI (1): FSPMI Milik Pekerja/Buruh di Semua Sektor Industri

2 thoughts on “Kabar dari Rakernas I SPAI-FSPMI (2): ”Jadikan FSPMI Sebagai Lokomotif Gerakan Buruh Indonesia”

  1. KAMI DARI GERAKAN BURUH JAWA TENGAH YG DULU BERNAMA FSP PANTURA SEKARANG S\UDAH BERAVILIASI DENGAN FSPMI SEJAK DITANDATANGANINYA PADA TANGGAL 13 DES 2011 DI HOTEL TELOMOYO SEMARANG SANGAT MENDUKUNG GERAKAN – GERAKAN YANG DILAKUKAN OLEH KAWAN2 FSPMI,KARENA SEMUA ITU JUGA DEMI KEMAKMURAN PARA RAKYAT INDONESIA DAN KHUSUSNYA UNTUK KAUM BURUH YANG SAAT INI HANYA DI P[ANDANG SEBELAH MATA OLEH KAUM KAPITAL/PEMODAL DAN PARA PEJABAT YANG MENDUKUNG UANG PEMODAL,
    MAKA KAUM BURUH YANG ADA DI BEBERAPA SEKTOR,SEPERTI SPAI,SPAMK,SPL,DLL YANG DI MOTORI OLEH FSPMI UNTUK LEBIH MENINGKATKAN KEKUATAN ANGGOTANYA AGAR LEBIH MILITAN UNTUK BISA MENJADI NILAI TAWAR YANG LEBIH BAIK DAN UNTUK KEDEPAN AGAR FSPMI LEBIH BISA MENJADI MOTORNY KAUM BURUH SECARA NASIONAL

    1. Terima kasih;
      Bangga mendengar FSP Pantura sudah berafiliasi dengan FSPMI. Semoga kedepan, kita akan semakin maju dan berkembang, sehingga mampu menjadi penentu dalam berbagai kebijakan di negeri ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s