Ingat Hari Perempuan, Ingat Bicaralah Perempuan

Ingat bulan Maret, ingat International Women Day. Hari Perempuan Internasional. Sebagaimana kita tahu, tepatnya setiap tanggal 8 di bulan Maret inilah, Women Day diperingati.

Ingat perempuan, tentu anda masih ingat Bicaralah Perempuan!!! dan Senyum Bulan Desember, buku dwilogi bicaralah perempuan yang menyuarakan berbagai bentuk kekerasan terhadap perempuan, dalam rangka Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di penghujung tahun 2010.

Buku yang diterbitkan oleh Leutika Prio ini, dari awal memang ditujukan untuk proyek sosial. Dalam artian, seluruh keuntungan dari penjualan buku ini, akan disumbangkan untuk Biro Perempuan Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS), untuk program-program pemberdayaan dan penguatan kapasitas pekerja perempuan di Serang – Banten. FSBS adalah sebuah element ketenagakerjaan di Kabupaten Serang, yang konsens terhadap perjuangan dan perlindungan tenaga kerja.

Sebagai bagian dari kampanye, tentunya buku ini memiliki makna tersendiri. Juga pantas untuk dipertanyakan semua kalangan, seberapa efektif dan sejauh mana perkembangannya. Melalui tulisan ini, kami hendak melaporkannya untuk anda.

Hingga hari ini, kami belum mendapatkan konfirmasi apapun soal royalti bicaralah perempuan dari Leutika Prio. Lagipula, saatnya juga belum tiba. Dalam MoU yang kami tandatangani, royalti akan diberitahukan setiap 3 (tiga) bulan sekali.

Sampai dengan perjalanannya sekarang, memang ada beberapa pihak yang memberikan support atas terbitnya buku dwilogi Bicaralah Perempuan. Mereka adalah:

1. Kas Forum Solidaritas Buruh Serang sebesar 2,5 juta
2. Komnas Perempuan, paket souvenir untuk pemenang
3. Hasil penggalangan dana Biro Perempuan, 1.375.500

Total dana yang terkumpul adalah 3.875.500. Kami sudah membelanjakan sebagian besar dana tersebut untuk membayar biaya penerbitan (self publishing), pengiriman paket hadiah ke pemenang, biaya launching dan bedah buku, serta melakukan Road Show Bicaralah Perempuan ke beberapa perumahan yang menjadi basis tempat tinggal pekerja. Untuk mendanai semua kebutuhan tersebut, kami telah menghabiskan dana sebesar 3.840.500. Dengan demikian, sisa dana Bicaralah Perempuan saat ini sebesar 35.000.

Banyak hal berharga telah kami rangkai melalui event ini. Tentu saja, dalam kesempatan ini, kami memberikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku Bicaralah Perempuan. Kepada para seluruh penulis buku Bicaralah Perempuan dan mereka yang sudah membeli bukunya, juga para donator, relawan, dan mitra kerja FSBS yang budiman.

Kekerasan dan ketidakadilan terhadap perempuan begitu nyata adanya. Butuh partisipasi konkret kita semua, tanpa harus berfikir lambat.

Salam Solidaritas,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s