Berlian Santosa: Review Buku Bicaralah Perempuan!!!

:: Oleh Berlian Santosa (Ketua FLP Wilayah Jambi)

Membaca buku ini bikin merinding,marah,sedih, kecewa dg nasib yang menimpa buruh migrant (TKW) & buruh dalam negeri, kesal juga dg kebijakan lemah perusahaan & pemerintah. Perempuan yang masuk dalam ranah yang lemah tak berdaya rentan sekali mengalami banyak hal dalam kekerasan dan pelecehan.

Ternyata baru saya ketahui dengan detail ,diluar sana, betapa banyak kasus yang menimpa para perempuan pekerja kita dari tingkat high class serupa sekretaris sampe bahkan buruh yang dianggap nista tapi berjasa besar, pembantu rumah tangga.

Perkosaan, pelecehan seksual,kekerasan, diskriminasi gender, gaji tidak dibayar, penindasan dll menimpa kaum perempuan kita. Mrk spt ga ada harga!

Buku yang digagas oleh Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS) adalah dalam upaya untuk menyuarakan suara perempuan yang selama ini bungkam dengan berbagai faktor dan pertimbangan untuk tidak mengungkapkannya ke public; bisa jadi malu karena aib tidak layak dipublikasikan. Padahal berbagai kasus tersebut begitu dekat dengan realita nasib perempuan pekerja di segala lini yang ada disekitar kita. Dalam Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan inilah FSBS ingin berbuat sesuatu. Kesadaran untuk berbagi agar tiada terulang kembali kekerasan terhadap perempuan dalam bentuk apapun dan FSBS ingin memulainya dengan mengumpulkan banyak cerita dalam bentuk naskah yang tertuang ke dalam buku ini.

Bicaralah Perempuan hendak memotret berbagai bentuk kekerasan itu. Ini bukan untuk mengeksploitasi penderitaan perempuan. Apalagi untuk memantik api dendam atas perempuan dan mengungkit masa lalu yang kelam. Lebih dari itu, kami hendak menyuarakan kepada dunia bahwa diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan terus saja terjadi. Hingga hari ini. Nyata adanya (Kahar S Cahyono, Koordinator Ekskutif FSBS).

Buku ini disupport oleh Komnas Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan sayangnya buku bagus ini tidak bisa kita temui di rak-rak toko buku seperti Gramedia.

Dari 19 penulis yang ada, saya amati dari cv mereka ternyata diluar dugaan saya ada 4 orang Penulis dari Forum Lingkar Pena;

1. Miyosi Ariefiansyah (FLP Bekasi) naskah dg judul: Demi Sebuah Harga Diri

2. Arista Devi (FLP Hongkong) naskah dg judul: Bangkitlah Wahai Perempuan

3. Puput Happy (FLP Tegal) naskah dg judul: Harga Seorang Wanita

4. Dian Prihati (Simpatisan FLP Wil Jambi…J ),dg judul: Si Buta yang Tak Berdaya

Ok selamat kepada semua penulis. Inspirasi Hebat karena anda telah meyuarakannya… Bicaralah Perempuan Indonesia, Jangan Bungkam!!!

Berlian Santosa
Ketua FLP Wilayah Jambi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s