KERANGKA ACUAN: Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Aktivitas ini sendiri pertama kali digagas oleh Women’s Global Leadership Institute tahun 1991 yang disponsori oleh Center for Women’s Global Leadership.

Setiap tahunnya, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 November yang merupakan Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan hingga tanggal 10 Desember yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. Dipilihnya rentang waktu tersebut adalah dalam rangka menghubungkan secara simbolik antara kekerasan terhadap perempuan dan HAM, serta menekankan bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM.

Di Indononesia, sebagai institusi nasional hak asasi manusia di Indonesia, Komnas Perempuan menjadi inisiator kegiatan ini. Keterlibatan Komnas Perempuan dalam kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) telah dimulai sejak tahun 2003.

Sementara bagi Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS), kegiatan ini adalah pengalamannya yang pertama. Sebagai informasi, FSBS merupakan sebuah element ketenagakerjaan di Kabupaten Serang yang konsens terhadap isu hubungan industrial dan demokrasi.

Tentu saja, keterlibatan FSBS dalam kampanye ini bukannya tanpa tujuan. Apalagi, sejak terbentuknya Biro Perempuan di lembaga ini pada tahun 2008 lalu, FSBS aktif terlibat dalam isu-isu kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan, khususnya dalam hubungan industrial.

Berdasarkan data dari Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Serang, jumlah wanita yang menjadi buruh di sejumlah pabrik di Kabupaten Serang lebih banyak daripada laki-laki. Catatan terkini, jumlah pekerja perempuan mencapai 60.038 orang, sedangkan laki-laki hanya 26.928 orang. Masalahnya, di tempat kerja, mereka rentan sekali terhadap diskriminasi, pelecehan seksual, dan ketidakadilan gender. Menurut Kepala Sub-Bagian Promosi dan Potensi Daerah Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Serang Ruddy Mohammad Rahmanudin, banyak wanita bekerja di pabrik karena beberapa faktor, di antaranya wanita cenderung tidak banyak protes, gajinya lebih murah, dan pekerjaanya lebih teliti. Menyadari masih banyaknya kekerasan terhadap perempuan, Forum Solidaritas Buruh Serang bermaksud melakukan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang akan dilakukan pada tanggal 25 Nopember 2010 s/d 10 Desember 2010.

Tujuan

Penghapusan kekerasan terhadap perempuan membutuhkan kerja bersama dan sinergi dari berbagai komponen masyarakat untuk bergerak secara serentak, baik aktivis HAM perempuan, Pemerintah, maupun masyarakat secara umum. Dalam rentang 16 hari, para aktivis HAM perempuan mempunyai waktu yang cukup guna membangun strategi pengorganisiran agenda bersama yakni untuk:

* menggalang gerakan solidaritas berdasarkan kesadaran bahwa kekerasan terhadap perempuan merupakan pelanggaran HAM,
* mendorong kegiatan bersama untuk menjamin perlindungan yang lebih baik bagi para survivor (korban yang sudah mampu melampaui pengalaman kekerasan),
* mengajak semua orang untuk turut terlibat aktif sesuai dengan kapasitasnya dalam upaya penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.

Secara spesifik, tujuan kampanye ini bisa dirumuskan sebagai berikut:

* meningkatkan pemahaman mengenai kekerasan berbasis jender sebagai isu Hak Asasi Manusia, khususnya di Kabupaten Serang.
* memperkuat kerja-kerja di tingkat lokal dalam menangani kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan
* membangun kerjasama yang lebih solid untuk mengupayakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan di tingkat lokal dan internasional
* mengembangkan metode-metode yang efektif dalam upaya peningkatan pemahaman publik sebagai strategi perlawanan dalam gerakan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan
* menunjukkan solidaritas kelompok perempuan sedunia dalam melakukan upaya penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan
* membangun gerakan anti kekerasan terhadap perempuan untuk memperkuat tekanan terhadap pemerintah agar melaksanakan dan mengupayakan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.

Tema Kampanye

Agar kampanye ini selaras kampanye yang juga dilakukan di tingkat nasional yang diinisiasi oleh Komnas Perempuan , kami kami mengambil tema kampanye, “Kekerasan Seksual: Kenali dan Tangani”. Secara khusus, FSBS juga akan memberikan penekanan terhadap diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di dunia kerja.

Kegiatan Kampanye

1# SIARAN PERS

Setidaknya ada 2 (dua) kali siaran pers yang akan dilakukan. Siaran Pers pertama dilakukan dua hari sebelum kampanye dimulai. Siaran pers ini secara khusus dibuat untuk menyampaikan tentang Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, sejarah, rangkaian kegiatan dan relevansinya terhadap masalah-masalah hak asasi perempuan di Kabupaten Serang. Siaran Pers ini akan dikirim ke media masa di Banten untuk mensosialisasikan gerakan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di Kabupaten Serang tahun 2010.

Siaran pers kedua dilakukan pada akhir kampanye, untuk mereview kegiatan kampanye yang sudah dilakukan, termasuk berbagai rekomendasi untuk memperkuat gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

2# PELUNCURAN KAMPANYE 16 HAKTP

Hari/Tanggal : Kamis, 25 Nopember 2010
Jam : 18.00 – 20.00
Tempat : Sekretariat FSBS
Kegiatan : Peluncuran dan Diskusi

Dalam peluncuran kegiatan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan ini akan disampaikan latar belakang keterlibatan FSBS dalam kegiatan kampanye ini. Juga, sebagai pengantar atas rangkaian panjang Kampanye 16 Hari, FSBS juga hendak menyampaikan situasi terkini yang menyangkut masalah-masalah hak asasi perempuan di Kabupaten Serang. Pemilihan waktu kegiatan yang malam hari, dengan pertimbangan untuk memberi kesempatan kepada lebih banyak kawan-kawan perempuan untuk hadir dan berpartisipasi, mengingat mereka kesulitan meninggalkan pekerjaan pada jam-jam kerja.

Dalam agenda ini juga diselenggarakan Diskusi bertema “Perempuan Korban HIV/AIDS”. Bertindak sebagai pembicara dalam diskusi ini adalah Ketua Yayasan Insan Karya Mandiri, Sukriah, dan Ketua Biro Perempuan Forum Solidaritas Buruh Serang, Hariyati.

3# BICARALAH PEREMPUAN

Hari/Tanggal : Kamis, 25 Nopember 2010 s/d Minggu, 10 Desember 2010
Peserta : Masyarakat umum

Bicaralah perempuan merupakan ajang curah pendapat/pandangan kaum perempuan terkait dengan kekerasan seksual melalui media tulisan. Curah pendapat disampaikan melalui surat terbuka, puisi, artikel lepas, dan sebagainya. 10 (sepuluh) karya terbaik akan mendapatkan masing-masing 1 (satu) buah buku ”Buruh Bergerak; Pengalaman Aliansi Serikat Buruh Serang” terbitan TURC, dan souvenir menarik dari Komnas Perempuan.

Selain untuk lokal Serang – Banten, FSBS juga menyelenggarakan event Bicaralah Perempuan dalam tingkat nasional (terbuka umum). Event ini dilakukan melalui audisi menulis kisah nyata bertemakan kekerasan seksual. Sepuluh tulisan terbaik, rencananya akan diterbitkan dalam bentuk buku melalui Penerbit Leutika Prio, bersama-sama dengan kisah-kisah serupa terkait kekerasan seksual dalam dunia perburuhan yang terjadi di Serang-Banten .

Tanggal 10 Desember 2010, bertepatan dengan hari HAM Internasional dan penutupan Kampanye 16 HAKTP, akan ada refleksi dan diskusi terkait dengan naskah-naskah ini. Kompilasi dari Bicaralah Perempuan ini, juga akan dimasukkan sebagai bagian dari rekomendasi dalam Policy Review (lihat kegiatan kampanye 6#)

4# DIALOG PUBLIK

Hari/Tanggal : 6 Desember 2010
Jam : 10.00 – 16.00
Tempat : Hotel Mahadria. Jl. Ki Mas Jong No. 12 *)
Tema : Bersama Mengenali dan Menangani Diskriminasi dan Kekerasan Berbasis Gender terhadap Buruh Perempuan

Sebagai nara sumber dalam Dialog Publik ini adalah Arimbi Heroepoetri (Komisioner Komnas Perempuan dan juga ketua sub komisi pemantaua), dan Kahar S. Cahyono (Koordinator Eksekutif Forum Solidaritas Buruh Serang).

*) Tempat masih dalam konfirmasi.

5# KUNJUNGAN TEMA

Kunjungan dimaksud dilakukan ke basis-basis pekerja/buruh, dalam rangka menyampaikan pesan/tema kampanye. Dengan demikian, diharapkan akan semakin banyak yang peduli dan berpartisipasi dalam gerakan anti kekerasan terhadap perempuan. Perubahan harus di-desakkan, dengan sendirinya, Kunjungan Tema ini menjadi agenda ”jemput bola” bagi FSBS untuk meningkatkan pemahaman atas kekerasan berbasis gender.

Beberapa unit kerja yang hingga saat ini bersedia memfasilitasi adalah PUK FSPMI (PT. Aluprima Pacific Industries dan PT. Grasindo), PUK FSPKEP (PT. Colorindo, PT. Singlong, PT. Pigeon), PUK PUK KSPSI (PT. Sinta Woosung).

Disamping mempublikasikan isu-isu kekerasan terhadap perempuan, agenda ini juga menjadi media konsolidasi. Khususnya untuk penguatan basis dan jaringan akar rumput sebagai pondasi terbentuknya Blok Politik Demokratik.

6# POLICY REVIEW

Policy review dipilih untuk menyampaikan isu-isu kekerasan berbasis jender sebagai bagian dari isu Hak Asasi Manusia beserta rekomendasi dan langkah yang harus segera diambil oleh pemerintah untuk menjamin realisasi penuh hak asasi perempuan. Policy review ini akan disampaikan kepada pengambil kebijakan dan berbagai element terkait, sejak tanggal 8 s/d 10 Desemer 2010 melalui agenda hearing dan atau loby.

7# UPDATE STATUS

Forum Solidaritas Buruh Serang, selama 16 hari penuh akan mengabarkan informasi terkini terkait perkembangan kampanye. Laporan kegiatan, dilengkapi dengan dokumentasi foto dan data-data pendukung akan dipublikasikan secara berkala.

Kepanitiaan

Di Kabupaten Serang, Kampanye ini dilaksanakan oleh Biro Perempuan FSBS. Setidaknya 30 orang relawan sudah menyatakan kesediaannya untuk terlibat dalam Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan ini.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi atau 081807165440 atau 085691549368 (Kahar), atau e-mail di suarasolidaritas@gmail.com.

Sekretariat

FORUM SOLIDARITAS BURUH SERANG
Perum Bumi Cikande Indah Blok E1 No 13
Kecamatan Cikande – Kabupaten Serang. BANTEN
E-mail: suarasolidaritas@gmail.com
HP: 081807165540 – 085691549368

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s