Dukungan untuk Perubahan

Saya selalu mengatakan kepada kawan-kawan, bahwa musim hujan adalah hari yang menyenangkan. Setidaknya, inilah saat bagi petani untuk menanam padi. Lihatlah bagaimana petani tadah hujan di sekitaran kawasan industri Serang Timur, yang mulai menggarap sawahnya saat hujan tiba. Memang ada banjir dimana-mana, buat saya, itu adalah peringatan keras agar kita lebih mencitai alam.

Saat saya mengatakan ini kepada Dr. Zukieflimansyah dalam sebuah kesempatan berdialog di Perum Bumi Cikande Permai, ia juga memberikan persetujuan. Hujan, katanya, mengingatkannya akan keriangan di masa kecil. “Hujan membuat saya memiliki alasan untuk tidak pergi ngaji,” ucapnya yang disambut tawa hadirin yang lain.

Nah, dalam rintik hujan itulah, kemarin sore, Selasa 26 Oktober 2010 Forum Solidaritas Buruh Serang kedatangan tamu dari Laskar Merah Putih Cikande – Serang. Pertemuan yang telah direncanakan beberapa hari sebelumnya ini dihadiri oleh Ketua Laskar Merah Putih Cikande, Muhayat, beserta dua orang rekan yang lain. Dari FSBS, selain saya, juga dihadiri oleh Argo Priyo Sujatmiko (Koordinator Politik, Hukum dan HAM) dan Heri Susanto (Sekretaris Umum).

Pertemuan yang berlangsung hangat ini membahas beberapa hal. Terutama permasalahan kemiskinan, pendidikan, dan pengangguran yang terjadi di Serang. Ironis, memang, manakala mendapati banyak pabrik megah disana-sini, namun disekelilingnya potret kemiskinan tergambar nyata. Banyak pengangguran disana-sini.

Diskusi juga merembet ke soal buruh kontrak dan outsourcing, yang berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar. Juga soal pencemaran linkungan, yang kerap dilakukan oleh perusahaan.

Ada kegelisahan yang sama. Hingga akhirnya, kami sepakat untuk bersinergi dalam melakukan kontrol sosial. Dan saat saya menawarkan gagasan Blok Politik Demokratik, kawan-kawan Laskar Merah Putih memberikan sambutan hangat. Muhayat, bahkan menawarkan sekretariatnya sebagai sekretariat bersama untuk Blok Politik nantinya.

Semoga kebersamaan ini, akan memberikan memperkuat dukungan untuk mengurai benang kusut politik dinasti!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s