Sebuah Pengantar: FSBS ada di Facebook!

Beberapa teman Fb saya menanyakan tentang keberadaan Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS), yang sering saya sebut dalam tulisan-tulisan di blog personal saya. “Apa tidak memiliki web, blog, atau akun facebook gitcu?” Ini adalah salah satu pertanyaan yang sempat nyasar ke inbox saya.

Hingga saat ini, pertanyaan itu belum saya jawab. Nyatanya, FSBS beberapa kali membuat blog (atau tepatnya saya pribadi yang bikin dan mengatasnamakan FSBS), tetapi selalu berhenti di tengah jalan karena tidak terurus. Alasannya sederhana. Selalu ada alasan untuk tidak meng-update kegiatan yang dilakukan FSBS. Sibuk-lah, enggak sempat nulis-lah, dan sederet alasan lain.

Apalagi, dan ini yang salah, yang mengurusi blog atau Fb itu seringkali saya lakukan seorang diri. Akibatnya, ketika saya malas meng-update, blog itu akhirnya terlantar.

Padahal, FSBS memiliki potensi besar dalam hal sumberdaya. Ini terbukti, saat terlibat dalam penerbitan Majalah Garis (Inspirasi Perjuangan Pekerja/Buruh), banyak kawan-kawan yang bersedia terlibat di dalamnya. Melalui media ini pula, kami menggagas gerakan literasi di kalangan pekerja. Setidaknya, beberapa kali FSBS menyelenggarakan bedah buku dan pelatihan menulis bagi buruh pabrik ini. Beberapa kawan juga menulis artikel untuk Majalah Garis. Hanya, memang, saat ini kami tidak lagi terlibat dalam penerbitan Majalah Garis, yang telah memberikan nuansa baru dalam gerakan buruh di Serang. Perpaduan antara Literasi dan Aksi!

Dalam launcing buku yang saya tulis “Buruh Bergerak, Pengalaman Aliansi Serikat Buruh Serang”di Jakarta Design Center (JDC) minggu lalu, Anwar ‘Sastro’ Makruf (Perhimpunan Rakyat Pekerja) menegaskan, bahwa yang kurang dari kita adalah menuliskan capaikan dari aksi/praktek yang kita lakukan. Hal senada juga diungkapkan oleh bung Timbul (OPSI), bahwa sebaiknya, paling tidak seorang aktivis menerbitkan sebuah buku yang menjadi rekam jejaknya. “Ini penting untuk pembelajaran bagi yang lain, juga generasi berikutnya nanti.”

Api pun tersulut. Beberapa hari yang lalu, Koordinator Litbang dan Database FSBS, Nursyaifudin, menyampaikan niatnya untuk membuat akun FSBS di Facebook. “Ini sebagai media penyampaian informasi, agar teman-teman melihat bahwa kita memang ada,” ujarnya.

Saya merasa, semua terjadi secara kebetulan. Teman-teman di Facebook saya, pernyataan Bung Sastro dan Bung Timbul tentang pentingnya menuliskan dan mempublikasikan capaian-capaian kita, juga keinginan seorang Nursyaifudin.

Setidaknya, kini ada dukungan dari yang lain.

“Saya tidak ingin ini hanya hangat-hangat tahi ayam. Semangat di awalnya, lalu lemah syahwat dalam beberapa pekan.” Saya ingin mendapatkan garansi.

Hari ini, 25 Oktober 2010, halaman Forum Solidaritas Buruh Serang di Facebook sudah dibuka. Spirit baru, tentu saja. Karena dalam membangun sebuah gerakan, selayaknya selalu ada inspirasi dan cara-cara kreatif yang semuanya bermuara pada tujuan organisasi. Bagi FSBS, ini tentu akan jejak langkah yang bisa jadi akan selalu menumbuhkan optimisme baru. Bagi kawan-kawan, setidaknya bisa mengetahui apa saja yang sedang dilakukan FSBS. Semoga bisa memetik inspirasi, untuk kemudian berbagi demi kebaikan bersama di kemudian hari.

Betapapun, dengan membuat halaman di Facebook ini, kami tidak hendak memindahkan gerakan buruh dalam praktek lapangan kedalam dunia maya/internet. Kerja-kerja lapangan tidak akan ditinggalkan, bahkan akan terus ditingkatkan. Sementara facebook ini menjadi kanal dalam merefleksikan perjalanan, menjadi mendia kampanye dan ajang sosialisasi untuk mendapatkan sebanyak mungkin dukungan.

Akhirnya, saya mengucapkan selamat bergabung di jejaring sosial ini bersama Forum Solidaritas Buruh Serang. Komentar, saran, juga kritik yang membangun dari anda, akan menjadi vitamin bagi kami untuk terus berkarya.

Salam Solidaritas!


Kahar S. Cahyono

Koordinator Eksekutif Forum Solidaritas Buruh Serang

Catatan: Tulisan ini merupakan pengantar yang saya tulis untuk halaman resmi Facebook Forum Solidaritas Buruh Serang. Kawan-kawan yang ingin bergabung silahkan klik DISINI

One thought on “Sebuah Pengantar: FSBS ada di Facebook!

  1. AYO KITA Lawan Kriminalisasi PEMBELA & PEJUANG BURUH !!! BEBASKAN SEKARANG JUGA PUJIANTO, S.H. dan JAZULI dari Segala Tuntutan Hukum !!!
    Nyatakan dukungan Saudara sekarang juga di :
    1. Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia , Jl. Trunojoyo No. 3 Jakarta, Indonesia, 12110 http://www.polri.go.id http://www.facebook.com/DivHumasPolri

    2. POLDA JAWA TIMUR Jl. Ahmad Yani No. 166, Wonocolo ,Surabaya, Kode pos :60231,
    Telp.031 8290058,Faks 031 8290058 http://www.jatim.polri.go.id http://118.98.64.74/index.php

    3. Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di Jl. Jend. A. Yani No. 54-56, Surabaya Telepon (031) 8291066. http://www.kejaksaan.go.id/index.php atau http://www.kejati-jatim.go.id/index.php

    4. TRADE UNION RIGHTS CENTRE Jalan Mesjid III No. 1, Pejompongan, Bendungan Hilir Jakarta 10210, Indonesia Tel. +62 21 5703929, Fax. +62 21 5738912 Email: info@turc.or.id, Website: http://www.turc.or.id http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100001301327605

    5. Jazuli Pc Pasuruan http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=100000111837716

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s