Benteng Demokrasi

Benteng Demokrasi merupakan nama dari Blok Politik Demokratik (BPD) yang didirikan beberapa organisasi/lembaga yang peduli pada demokrasi dan hak asasi manusia di Tangerag – Banten. Nama Benteng Demokrasi sendiri disepakati sore ini, 10 Oktober 2010. Dalam sebuah acara Pendidikan Politik dan Diskusi Tindak Lanjut Pembentukan BPD di Tangerang yang berlangsung di Kampoeng Kelapa.

Proses ini tidak serta merta. Artinya, berawal dari rangkaian yang cukup panjang. Berawal dari Pendidikan Demokrasi di Training Center SBSI tanggal 25 – 26 September 2010. Saat itu, disepakati untuk membentuk sebuah Blok Politik di Tangerang. Pada awalnya, Blok Politik ini bernama Rumah Aspirasi Tangerang. Tujuh orang ditunjuk untuk merumuskannya dan menindaklanjuti pembentukan Rumah Aspirasi Tangerang. Ketujuh orang tersebut adalah:

1. Agus Salaby (mewakili Kecamatan Jayanti dan Cisoka)
2. Edi (mewakili Kecamatan Balaraja dan Sukamaju)
3. Saiban (mewakili Kecamatan Kronjo dan Mekar Baru)
4. Upip Manustapip (mewakili Kecamatan Kresek dan Gunung Kaler)
5. Daden (mewakili Kecamatan Cikupa dan Kelapa Dua)
6. Ariwanti (mewakili unsur Perempuan)
7. Sarnaja (mewakili Forum Solidaritas Buruh Serang)

Rumah Aspirasi Tangerang, diganti menjadi Benteng Demokrasi karena identik dengan nama serupa yang digunakan oleh sebuah partai politik. Tidak ingin pemilihan nama itu menjadi permasalahan dikemudian hari, akhirnya kawan-kawan mengganti dengan Benteng Demokrasi. Seminggu yang lalu, tim ini juga melakukan pertemuan untuk memperkuat konsolidasi.

Saya bangga bisa menjadi saksi lahirnya Benteng Demokrasi di Tangerang – Banten ini. Apalagi, sejak awal, saya terlibat dalam membidani kelahirannya. Hati dan jiwa saya lekat di dalamnya. Dalam euforia kebersamaan, juga semagat yang membara untuk mewujudkan perubahan.

Argo Priyo Sujatmiko, Koordinator Politik, Hukum dan HAM Forum Solidaritas Buruh Serang (FSBS) yang juga turut hadir dalam acara ini saya lihat juga tersenyum cerah. “Semoga demokrasi yang lebih substansial di Tangerang dan Banten pada umumnya, akan segera terwujud.” Ujarnya di akhir acara.

Bagi FSBS, saya rasa ini menjadi pembelajaran yang berharga. Berharga, karena salah satu agenda penguatan demokrasi yang menjadi salah satu program kerja mulai menampakkan hasilnya. Ya, beberapa tahun ini FSBS memang mencoba melakukan kerja-kerja politik dalam upaya mewujudkan hubungan industrial yang adil.

“Pemberdayaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia yang bertujuan meningkatkan wawasan dan kesejahteraan masyarakat dengan lebih menekankan kepedulian terhadap hubungan industrial, pendidikan, ekonomi kerakyatan, lingkungan hidup, kesehatan, dan sosial kemanusiaan.” Setidaknya, inilah misi yang diemban FSBS sekarang ini.

Kembali kepada Beteng Demokrasi, sebagai Blok Politik. Betapapun, ini baru awal. Belum terlihat sepak terjangya, memang. Namun begitu, melihat semangat dan militansi teman-teman, khususnya di Tangerang, ia akan terus tumbuh dan berkembang. Hingga saatnya nanti, mampu memberikan sumbang sih yang berarti bagi masyarakat. Semoga!

Baca juga:

[Foto] Pendidikan Politik dan Diskusi Tindak Lanjut Pembentukan BPD Tangerang

2 thoughts on “Benteng Demokrasi

  1. Selamat dan semoga sukses membangun manusia indonesia lebih beradab,bermoral,dan berjiwa demokrasi yang sesungguhnya,dan peka terhadap kebutuhan rohaninya kebutuhan tentang pendidikan kepekaan terhadap ruang lingkup hidupnya…
    Ruang lingkup sosial yang tidak mungkin bisa di hindari…
    Bertumbuhlah dan warnai negara ini dengan kemampuan organisasi ini dengan cita cita mulianya…
    Salam hormad dan kekarib an selalu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s