Pengusaha Tolak Pajak PJU Naik

Sumber: Radar Banten, 1 September 2010

SERANG – Rencana DPRD Kabupaten Serang menaikkan pajak penerangan jalan umum (PJU) industri ditolak pengusaha. Para pelaku industri mengaku sampai saat ini belum pulih dari krisis keuangan.

Menurut Ketua Himpunan Pengusaha Wilayah Serang Timur (Hipwis) Suhandi, rencana kenaikan pajak PJU industri menjadi 7 persen merupakan kebijakan yang memberatkan perusahaan di tengah krisis keuangan. “Dunia usaha sekarang belum pulih dan baru saja kita menerima hantaman kenaikan TDL. Masa iya pajak PJU akan dinaikan lagi,” kata Suhandi saat dihubungi Radar Banten, Selasa (31/8).

Dikatakan, apabila dunia usaha diberi beban dengan kenaikan pajak PJU maka akan semakin memengaruhi kondisi usaha. “Sekarang saja dari sekira 300 perusahaan di Sertim, hampir 100 lebih perusahaan tidak beroperasi. Kami berharap rencana tersebut jangan dilakukan sekarang ini mengingat kondisinya belum memungkinkan,” kata Suhandi.

Sementara itu, Pansus Pajak Daerah DPRD Kabupaten Serang ternyata terjadi silang pendapat. Jika sebelumnya Ketua Pansus Ahmad Zaeni mengklaim rencana kenaikan pajak PJU industri sudah mendapat dukungan dari seluruh anggota pansus, ternyata hal itu tak dibenarkan oleh sebagian anggota pansus. Khotib, salah satu anggota Pansus Pajak Daerah, menolak rencana kenaikan pajak PJU industri karena akan memberatkan pengusaha.

“Katanya mau menarik investor sebanyak-banyaknya, mestinya jangan dinaikkan karena akan memberatkan investor. Saya khawatir jika kenaikan ini tetap dipaksakan maka investor akan kabur mencari wilayah lain yang bersahabat,” kata Khotib.

Politisi Partai Bintang Reformasi (PBR) ini mengatakan, Pansus Pajak Daerah harus mempertimbangkan kembali rencana tersebut. Ia khawatir, rencana kenaikan ini akan memberatkan investor sehingga berdampak pada nilai investasi daerah. “Kenapa tidak kita naikan pajak galian C. Ini yang menurut kami realistis,” kata Khotib. (kar/fau)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s