Investasi Mencapai Rp 6,5 Triliun

Sumber: Radar Banten,1 September 2010

SERANG – Sampai Agustus tahun ini jumlah investasi yang masuk di Kabupaten Serang mencapai Rp 6,5 triliun. Investasi itu terdiri dari perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebanyak Rp 3,7 triliun dan perusahaan penanaman modal asing (PMA) sebanyak Rp 2,8 triliun.

“Kita bersyukur perkembangan investasi sepanjang tahun 2010 cukup baik,” ujar Ida Nuraida, Kabid Rencana Pembangunan Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Serang, Selasa (31/8).

Berdasarkan data Bappeda mengenai daftar proyek PMA dan PMDN di Kabupaten Serang pada tahun 2009 mencapai sekitar Rp 8 triliun. Sedangkan pada tahun ini, kata Ida, perusahaan yang termasuk besar investasinya adalah PT Uniflora Prima. Pabrik cokelat di Serang bagian timur itu menanamkan modal hingga Rp 2,9 triliun, kemudian disusul oleh PT Indah Kiat Pulp and Papper Tbk ang menambah investasi Rp 1,6 triliun. “Rata-rata investasi masih di wilayah Serang Timur,” ujarnya.

Dipilihnya kawasan Serang timur, kata Ida, dikarenakan posisinya yang strategis. “Apalagi para investor sudah mendengar rencana Pemkab Serang yang akan membangun interchange di Cikande. Kalau sudah dibangun barangkali akan semakin tertarik,” katanya.

Ida mengakui bahwa pendataan jumlah investasi di Kabupaten Serang belum optimal karena belum ada lembaga definitif yang khusus mengurusi itu. Pihaknya berharap agar dalam waktu dekat Pemkab Serang memiliki lembaga semacam Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) agar investasi bisa lebih terarah. “Sekarang belum ada instansi di Pemkab Serang yang mendata investor,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Purbo Asmoro mengatakan, pihaknya sudah mendorong kepada Pemkab untuk mengoptimalkan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap (KPTSA). Jika lembaga itu optimal, kata Purbo, data investasi masuk juga bisa tercatat dengan baik. “Pelayanan yang bersih dan transparan itu sudah menjadi agenda pusat, kenapa di sini lambat,” ujarnya. (mg-8/fau)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s