Pajak PJU Industri Bakal Naik

Sumber: Radar Banten, 31 Agustus 2010

SERANG – Pajak penerangan jalan umum (PJU) untuk industri di Kabupaten Serang bakal naik menjadi 7 persen dari sebelumnya 6,5 persen. Kenaikan 0,5 persen itu diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Serang pada 2011 mendatang.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pajak Daerah DPRD Kabupaten Serang Ahmad Zaini mengatakan, rencana kenaikan pajak PJU industri ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. “Pada Pasal 95 ayat (1) undang-undang tersebut ditegaskan bahwa pemerintah daerah diberi kesempatan memungut pajak PJU hingga 10 persen. Kita ambil yang sedang saja 7 persen,” ujar Zaini, Senin (30/8).

Dikatakan, keputusan itu sudah disetujui seluruh anggota pansus. Beberapa hari mendatang, kata Zaini, Pansus akan mengundang PLN, asosiasi pengusaha, serta Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) untuk membahasnya. “Kita juga akan konsultasikan penerapan tarif baru itu ke Kemendagri dan Dirjen Pajak, apakah kenaikan tarif itu wajar atau tidak,” ujarnya.

Zaini menambahkan, jika tarif PJU indutri dinaikkan, Pemkab Serang diharapkan bisa meningkatkan target pendapatan dari PJU. Jika 2010 ini targetnya Rp 35 miliar, maka 2011 naik menjadi RP 40 miliar. “Dari target Rp 35 miliar tahun ini, realisasinya sampai sekarang juga saya ihat bagus, sudah Rp 27 miliar. Berarti memang potensi kita bagus,” terangnya.

Mustofa, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Serang yang dihubungi terpisah mengaku keberatan dengan rencana tersebut. Menurutnya, pengusaha sudah cukup berat dengan kenaikan tarif dasar listrik (TDL). “TDL untuk kalangan industri berbeda jauh dengan rumah tangga,” katanya.

Menurut Mustofa, selama ini industri kurang mendapatkan kompensasi dari pembayaran pajak PJU ke Pemkab Serang. Kata dia, sebaiknya pemerintah daerah membenahi dan memasang sarana PJU di jalur industri sebelum menaikkan tarif baru PJU. “Anda lihat saja di kawasan Cikande, Bojonegara dan daerah industri lainnya, hampir semua jalan gelap, padahal sarana PJU itu tugas pemda,” ujarnya. (mg-8/fau)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s