Tatu Chasanah Akan Kumpulkan Pengusaha

Sumber: Radar Banten; 18 Agustus 2010

SERANG – Wakil Bupati (Wabup) Serang Ratu Tatu Chasanah dalam waktu dekat akan mengumpulkan ratusan pengusaha di Kabupaten Serang. Hal ini untuk membicarakan rencana pengumpulan dana sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

“Kami berharap dana CSR ini bisa membantu program pemerintah dalam penanganan masalah sosial. Sebab pemerintah tidak bisa mengandalkan dana dari APBD yang jumlahnya minim. Untuk itu pengusaha perlu diajak bicara,” kata Tatu usai rapat paripurna mendengarkan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di gedung DPRD Kabupaten Serang, Senin (16/8).

Menurut Tatu, ratusan pengusaha yang berinvestasi di Kabupaten Serang perlu diajak bicara dengan pemerintah untuk membicarakan sejauhmana keterlibatannya dalam masalah sosial selama ini. “Apakah selama ini distribusi CSR sudah dilakukan tapi masing-masing, tentunya mereka (pengusaha-red) kan memiliki kebijakan masing-masing. Ini yang akan kita bicarakan saat pertemuan nanti,” kata Tatu.

Tatu menginginkan pengumpulan dana CSR diawasi lembaga di luar pemerintah agar tidak ada kecurigaan publik terkait penggunaan dana tersebut. “Saya menginginkan ada lembaga independen yang mengawasi penggunaan dana CSR supaya tidak timbul fitnah,” kata Tatu.

Sebelumnya, Asisten Daerah (Asda) II Setda Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud mengatakan, Pemkab telah membentuk tim pengkoordinir dana CSR pada Juni 2010 lalu sebagai salah satu upaya mendekatkan keterlibatan perusahaan dengan program pemerintah.

“Selama ini masing-masing perusahaan sudah merealisasikan dana CSR. Nah apakah nanti perlu dikoordinir oleh pemerintah sehingga distribusi merata akan kita bicarakan dengan pengusaha,” kata Entus.

Catatan Radar Banten, hingga saat ini baru ada dua perusahaan yang pengelolaan dana sosialnya diserahkan ke Pemkab Serang yaitu Bank Jabar Banten (BJB) sebesar Rp 800 juta. Selain itu, PT Tirta Investama, produsen air mineral Aqua yang akan beroperasi di Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang juga telah melakukan penandatangan dana CSR dengan Pemkab Serang sekira lima bulan lalu. (kar/fau)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s