Siaran Pers Komite Aksi Jaminan Sosial

Beberapa hari ini, teman-teman pekerja/buruh gigih memperjuangkan suatu paket pembahasan Revisi UU Jamsostek dan RUU Badan Penyelenggarakan Jaminan Sosial (BPJS). Beragam aksi massa dirancang dan dipersiapkan untuk memberikan dukungan kepada perintah dan DPR RI agar dalam pembahasan UU tersebut memihak pada kepentingan pekerja.

Kalaupun buruh turun ke jalan, mereka hendak memperjuangkan perbaikan. Bukan sengaja membuat kemacetan di jalan-jalan. Sangat naif, kalau kemacetan yang terjadi akibat buruh melakukan demonstrasi untuk menuntut jaminan sosial dijadikan kambing hitam. Apa yang mereka perjuangkan, manfaatnya lebih panjang dari itu. Seumur hidup, bahkan.

Ya, seperti sebelumnya, tulisan-tulisan saya di dalam blog ini memang selalu memihak buruh. Bagi saya, buruh adalah asset maha penting dalam pembangunan. Pun, saya sendiri adalah seorang buruh. Yang selalu berdampingan dan mendengarkan keluh kesah mereka, hampir setiap saat.

Ini bukan soal mengiba-iba dan meminta belas kasihan, karena berasal dalam strata terendah dalam masayarakat (buruh selalu identik dengan kaum pinggiran atau marjinal). Justru, ini adalah wujud dari adanya kesadaran dan semangat untuk mengukir peradapan yang lebih indah di masa depan. Bukan untuk diri sendiri, namun untuk seluruh rakyat di negeri yang kita cintai ini.

Agar teman-teman memahami apa yang diperjuangkan oleh kaum pekerja terkait jaminan sosial, berikut saya sampaikan SIARAN PERS KOMITE AKSI JAMINAN SOSIAL yang saya kutip dari Group di Facebook KC FSPMI BEKASI.

======================

SIARAN PERS KOMITE AKSI JAMINAN SOSIAL

I. LANDASAN HUKUM

Indonesia adalah Negara yang berideologi Pancasila. Sila ke-lima Pancasila adalah “Keadilan Sosial Bagi Seluruh rakyat Indonesia”. Bentuk nyata Keadilan Sosial adalah Jaminan Sosial. Hal ini sudah dipertegas dalam UUD 1945 pasal (H), dan di implementasikan dalam UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional ( SJSN ), yang wajib di berikan seumur hidup kepada Rakyat ( termasuk pekerja/buruh ) yang meliputi : Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kesehatan Seumur Hidup, dan Jaminan Pensiun. Dengan kata lain melalui Pembahasaan paket Revisi UU No. 3 tahun 1992 tentang Jamsostek dan Revisi UU BPJS di DPR RI dalam tahun 2010, maka Negara wajib memberikan Jaminan Sosial yang tidak diskriminatip dan limitatip, khususnya menjamin pembiayaan Kesehatan seumur hidup bagi seluruh rakyat Indonesia, Jaminan Pensiun, dan Badan Hukum BPJS ( termasuk BPJS Jamsostek ) harus WALI AMANAT.

II. TUNTUTAN

Komite Aksi Jaminan Sosial meminta DPR RI dan Presiden RI wajib mengesahkan satu paket pembahasan Revisi UU Jamsostek dan RUU BPJS di tahun 2010, dengan isi pokok-pokok pikiran harus berisi :

1. Jaminan Kesehatan Seumur Hidup dan di berikan kepada seluruh Rakyat Indonesia ( termasuk Pekerja / Buruh yang sudah tidak lagi bekerja )

2. Jaminan Pensiun Seumur Hidup bagi Pekerja / Buruh Formal ( tidak hanya untuk PNS / TNI / POLRI saja )

3. Badan Hukum Badan Penyelenggara Jaminan Sosial / BPJS ( termasuk BPJS Jamsostek ) harus berbadan Hukum WALI AMANAT.

4. Organ BPJS ( termasuk BPJS Jamsostek ) terdiri dari ; Dewan Wali Amanat ( sebagai Pengawas ) dan berunsurkan Tripartit dan Dewan Direksi yang berasal dari kalangan Profesional.

5. BPJS ( termasuk BPJS Jamsostek ) harus menganut prinsip-prinsip ; Gotong royong, Nirlaba, Akuntabilitas, Kepersertaan Wajib, Kehati-hatian, Keterbukaan, Portabilitas, Dana Amanat, dan seluruh hasil pengelolaan dana Jamsos harus peserta.

6. BPJS tidak wajib menyetor dividend dan pajak kepada Pemerintah.

III AKSI MASSA

Aksi Massa dalam jumlah ribuan bahkan puluhan ribu akan di 12 hingga 20 provinsi dan lebih dari 100 Kab/Kota. Aksi massa akan dilakukan setiap hari di mulai tanggal 05 April 2010 dan mencapai puncaknya pada tanggal 01 Mei 2010 yang akan mengerahkan ratusan ribu massa. Aksi akan terus dilanjutkan hingga tuntutan dikabulkan oleh Presiden RI dan DPR RI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s