Ayo Ikut Berkompetisi

Siang ini, saya sengaja browsing di internet untuk mencari lomba menulis. Banyak sekali informasi lomba yang saya temukan. Namun, setelah memilah dan memilih, akhirnya saya berketetapan hati untuk mengikuti 3 diantaranya. Pertama, Sayembara cipta karya inspiratif dengan tema, “TITIK BALIK: menerjang rintangan menggapai masa depan”. Kedua; Lomba Menulis Esei Tingkat Nasional Tentang Helvy Tiana Rosa, dan ketiga, Kontes Write A Story.

Sayembara cipta karya inspiratif dengan tema, “TITIK BALIK: menerjang rintangan menggapai masa depan” diselenggarakan oleh Leutika, dengan pengiriman naskah paling lambat tanggal 1 April 2010. Masih ada waktu untuk mempersiapkannya, setidaknya hingga 12 hari kedepan. Cukuplah untuk untuk menulis 2 naskah, dalam rentang waktu tersebut.

Lomba Menulis Esei Tingkat Nasional Tentang Helvy Tiana Rosa, diselenggarakan oleh Klub Pembaca HTR. Sosok Helvy Tiana Rosa adalah salah satu inspirator dalam dunia tulis-menulis. Setidaknya bagi saya. Sudah terbayang, akan ada beberapa judul yang akan saya tulis. Apalagi rentang waktunya cukup panjang. Pengirman naskah yang ditutup pada tanggal 15 April 2010

Nah, Kontes Write A Story tergolong yang paling berat. Ini adalah lomba menulis cerita untuk buku anak-anak, sesuatu yang sangat jauh dari spesialisasi saya. Sudah begitu, pengiriman naskah akan ditutup pada 25 Maret 2010. Lima hari dari sekarang. Tetapi toh saya akan tetap mencoba. Nekat? Begitulah, kemarin istri saya tercinta, yang mengajar di Raudhatul Athfal As-Sanariyah, siap membantu.

Setelah memenangkan lomba penulisan blog Aku Cinta Bekasi dengan hadiah 10 juta, banyak yang bertanya kepada saya, apa rahasianya? Jawab saya, teruslah menulis dan manfaatkan setiap peluang. Maksud saya, ikutlah lomba menulis, sebanyak yang kita bisa. Dengan itu, kita akan selalu memiliki harapan dan energi. Kalau tidak, cobalah untuk mengirimkan ke berbagai media, entah itu koran atau majalah.

Sejak akhir tahun 2009, medio pertamakali saya menang lomba menulis (saat itu menjadi juara harapan penulisan Share Your Career Story yang diselenggakan Konsultan Karir dot Com), sudah belasan perlombaan saya ikuti. Tidak semuanya berhasil dengan kemenangan, dan saya tidak peduli dengan semua itu. Bagi saya, setelah naskah dikirim, saya langsung fokus pada penulisan naskah berikutnya. Alhamdulillah, dengan begitu, saat ini saya berhasil mencatatkan diri sebagai:

Juara 1 Lomba Menulis Blog Aku Cinta Bekasi. Maret 2010

Juara 5 Motivasi Blogger yang diselenggarakan Indonesia Menulis dot Com. Januari 2010.

Pemenang Lomba Menulis Bertema Ibu yang diselenggarakan Penerbit Serambi (Desember 2009)

Juara 2 Rose Heart Writing 2009. Nopember 2009

Terbaik 3 Lomba Resensi Buku Paris Lumiere de L`Amour yang diselenggarakan Penerbit Lingkar Pena Publishing. Nopember 2009

Pemenang Penulisan Saran dan Kesan dalam Ulang Tahun ke-3 Harian Online Kabar Indonesia (Nopember 2009)

Juara Harapan Share Your Career Story yang diselenggarakan konsultankarir.com. Oktober 2009.

Oh ya, bila teman-teman berminta, berikut saya posting juga informasi lomba yang saya sebutkan di atas. Selamat berkompetisi:

BIKIN CERITA SINGKAT, dapat Hadiah JUTAAN! bisa NGETOP lagi!

Cross the limit, berawal dari kalimat itulah Leutika lahir. Artinya, tidak ada kata ‘terbatas’ bagi pribadi penuh motivasi. Maka di ulang tahun pertama Leutika, redaksi mengharap partisipasi Anda dalam sayembara cipta karya inspiratif dengan tema, “TITIK BALIK: menerjang rintangan menggapai masa depan”.

Dalam hidup kita pasti pernah mengalami masa-masa berat yang membuat hampir putus asa. Namun Tuhan tidak membuat rintangan tanpa adanya jalan keluar. Leutika menghendaki Anda menceritakan masa-masa keberhasilan Anda (atau orang-orang di sekitar Anda) dalam menerjang rintangan.

Syarat dan Ketentuan

1. Cerita adalah karya sendiri dan NYATA, belum pernah dipublikasikan
2. Diketik format 1,5 spasi, Times New Roman, panjang cerita 1300—1500 kata.
3. Sertakan biodata singkat, alamat domisili dan nomor yang bisa dihubungi.
4. Peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal dua karya terbaik.
5. Leutika menyeleksi 18 naskah yang masuk ke redaksi untuk dipublikasikan dalam buku TITIK BALIK!

Hadiah

3 Naskah terbaik:
Juara 1: Rp 1.000.000,- plus 10 ekslempar buku TITIK BALIK!
Juara 2: Rp 500.000,- plus 5 ekslempar buku TITIK BALIK!
Juara 3: Rp 250.000,- plus 3 ekslempar buku TITIK BALIK!

5 naskah harapan:
Masing-masing akan kami berikan reward sebesar Rp. 150.000 dan dua ekslempar buku TITIK BALIK!
Untuk 10 naskah lainnya, mendapatkan satu ekslempar buku.
Tidak ada sistem royalti bagi setiap pemenang.

Pengiriman Naskah

Naskah cerita dikirimkan lewat email: redaksi@leutika.com. Atau langsung ke alamat redaksi kami: jl. Sulawesi 7c ring road utara Yogyakarta 55284. dengan mencantumkan tulisan “MENERJANG RINTANGAN BERSAMA LEUTIKA” di pojok sebelah kiri amplop.

• Naskah paling lambat diterima tanggal 01 April 2010
• Pengumuman pemenang pada tanggal 10 April 2010 pada saat Ulang Tahun pertama Leutika
• Berlaku sebagai juri adalah redaksi Leutika

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi redaksi via email: redaksi@leutika.com. Atau chat di facebook Leutika: leutika@yahoo.co.id. Telp/fax: (0274) 880387.


LOMBA MENULIS ESEI TINGKAT NASIONAL TENTANG HELVY TIANA ROSA

Dalam rangka milad Helvy Tiana Rosa ke 40, Klub Pembaca HTR menyelenggarakan LOMBA MENULIS ESEI TINGKAT NASIONAL TENTANG HELVY TIANA ROSA dengan tema: “Helvy Tiana Rosa, Karya dan Dunianya”.

Ketentuan:

1. Lomba terbuka bagi umum
2. Panjang naskah bebas.
3. Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya dlm bentuk apapun.
4. Tulisan bisa berisi tentang pengalaman membaca karya HTR, pandangan dan kritik terhadap karya-karya HTR, pengaruh (karya) HTR terhadap penulis dan masyarakat, kenangan yang berkesan bersama HTR, inspirasi yang didapat dari sosok dan karya HTR, dan sebagainya.
5. Naskah dikirim paling lambat 15 April 2010, ke: helvytiana@yahoo.com dan lebih disukai diposting pula di sini (fan page HTR di FB rentang Maret-April (boleh dilengkapi foto/ gambar/ dokumen yg relevan).
6. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.

Pemenang:

Pemenang akan diumumkan 30 April 2010.
Dewan Juri akan memilih Juara I-3 serta 10 pemenang hiburan.

Hadiah:

Juara I: Rp. 2.000.000, piagam, paket buku HTR
Juara 2: Rp. 1.000.000, piagam, paket buku HTR
Juara 3: Rp. 750.000, piagam, paket buku HTR
10 pemenang hiburan akan mendapatkan @ Rp.300.000, sertifikat dan paket buku dari HTR.

Keputusan Dewan Juri mutlak dan tak dapat diganggu gugat. Tidak ada surat menyurat.
Seluruh naskah menjadi milik panitia dan hak penerbitannya untuk pertamakali ada pada panitia.

IKUTILAH KONTES WRITE A STORY!

Kontes Write a Story adalah lomba menulis cerita untuk buku-buku anak yang diselenggarakan oleh Erlangga for Kids (EFK), salah satu divisi penerbitan Erlangga Group.

Syarat & Ketentuan:

Peserta adalah pria/wanita dewasa (usia diatas 18 tahun).Cerita yang ditulis untuk anak usia 5 – 12 tahun. Panjang cerita 3 halaman, 1 ½ spasi, times new roman 11. Tema cerita bebas dan orisinil (fantasi, fabel, humor, dsb) serta tidak mengandung unsur SARA. Naskah cerita yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan baik di media elektronik maupun cetak, dan belum pernah diikutsertakan dalam sayembara lain.Naskah cerita yang dikirim dalam bentuk hardcopy atau soft copy (file word). Sertakan biodata singkat penulis, alamat lengkap, nomor telepon, dan fotokopi KTP. Cantumkan WRITE A STORY disebelah kiri atas amplop. Kirimkan naskah ke:

Panitia WRITE A STORY
Divisi Erlangga For Kids, Penerbit Erlangga
Jl. H. Baping Raya no. 100 Ciracas Pasar Rebo
Jakarta Timur 13740 Atau via email ke: writeastory.efk@gmail.com

Peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 naskah. Naskah yang masuk sepenuhnya menjadi milik panitia. Naskah paling lambat diterima tanggal 25 Maret 2010. Pengumuman pemenang tanggal 25 April 2010 Hanya naskah yang memenuhi syarat yang akan dinilai.

Keputusan juri mengikat, tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat. Peserta tidak dipungut bayaran apapun. Untuk keterangan lebih lanjut klik http://www.erlangga.co.id atau email ke writeastory.efk@gmail.com , atau hubungi Marcomm Penerbit Erlangga di 8717006 ext. 229

Hadiah:

Juara I: Rp 5 juta dan hadiah sponsor
Juara II: Rp 3 juta dan hadiah sponsor
Juara III: Rp 2 juta dan hadiah sponsor
10 naskah terbaik akan diterbitkan dalam bentuk buku oleh Erlangga For Kids

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s