5 (Lima) Alasan Mengapa Blog Ini Layak Memenangkan Djarum Black Blog Competition

Tidak mudah untuk memenangkan Djarum Black Blog Competition Vol. 2 ini. Akan sangat sulit, sebab ada ratusan blog yang didaftarkan dalam kompetisi menulis oleh blogger yang diselenggarakan Djarum Black ini. Semuanya memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Pun, tidak sedikit blogger yang memiliki karakter kuat dalam setiap postingannya. Setidaknya ada 5 alasan, mengapa blog ini layak menjadi juara. Antara lain; Menebarkan semangat dan optimisme, Setiap Tulisan Dikemas Secara Berbeda dan Mencerahkan, Berperan Serta Mengenalkan Potensi Unggulan Daerah, Peduli Pada Isu-isu Sosial yang Berkembang di Masyarakat, dan menuliskan tema Djarum Black Dalam sebuah Cerpen.

A. Menebarkan Semangat dan Optimisme

Betapapun, saya optimis akan menjadi pemenang dalam Djarum Black Blog Competition Vol. 2. Tidakkah ini berlebihan? Saya rasa tidak. Lagipula, kalau tidak optimis bakal menang, buat apa bersusah payah mengikuti kompetisi ini? Optimisme adalah energi yang menggerakkan saya untuk selalu menghasilkan karya. Lagipula, saya merasakan hal yang berbeda saat berada di lingkaran Black Community.

Beberapa postingan yang menyiratkan rasa optimis dalam diri saya bisa dilihat dalam postingan saya berikut ini:

1. Sang Inspirator (Testimoni Keikutsertaan Saya Dalam Djarum Black Blog Competition Vol. 2)
2. TAMPIL DI PODIUM JUARA: Sumpah Harus Bisa!
3. 6 Titik yang Menentukan
4. Mengapa Blog Ini Layak Mendapat Dukungan Melalui Voting di Djarum Black Blog Competition

B. Setiap Tulisan Dikemas Secara Berbeda dan Mencerahkan

Disamping itu, saya juga mempersiapkan setiap artikel dalam kompetisi ini dengan sepenuh hati. Bukan sekedar artikel asal, yang sekedar memenuhi keywords wajib, sebatas untuk memenuhi persyaratan.

Beragam tema saya hadirkan secara expressive dan speak up their opinion. Kendati beragam isu saya angkat, namun saya tidak mengabaikan keberadaan Djarum Black sebagai penyelenggara kompetisi ini. Itu juga yang menggerakkan saya untuk menulis berbagai hal tentang Djarum Black, dengan sudut pandang yang berbeda. Saya sebut berbeda, karena saya mencoba sekuat tenaga untuk menghindari penulisan ulang, dari apa yang pernah ditulis di autoblackthrough, misalnya. Tulisan-tulisan tersebut adalah:

5. Djarum Black: Bukan Sekedar Warna Hitam
6. Miss Autoblackthrough Vs Perempuan Pendaftar Pertama
7. “Si Hitam Manis, yang Membuat Rakyat Menangis”
8. Serunya Djarum Black Blog Competition: “Jangan Sampai Gelap Mata”

C. Berperan Serta Mengenalkan Potensi Unggulan Daerah

Pada sisi yang lain, saya hendak mempopulerkan potensi unggulan yang ada di Blitar, tanah kelahiran saya. Bagi saya, ini adalah rasa tanggungjawab saya sebagai Blogger terhadap potensi di daerah. Menghadapi persaingan global, hal terbaik adalah dengan memperkuat potensi lokal.

9. “Melalui Djarum Black Blog, Saya Bisa Menjadi Duta Wisata Kota Blitar”
10. SEJARAH BLITAR: “Diwarnai Jejak Hitam Pemberontakan Kuti dan Sengkuni”
11. Wisata Agrobisnis, ke Blitar Yuukkk…..
12. Tak Kukira, Ternyata Pasar Legi Memiliki Nilai Sejarah Tinggi
13. Monumen Soeprijadi: Dulu dan Sekarang
14. Penataran yang Menawan
15. Serang, Aku Datang
16. 17 JAM DI PANTURA: Demi Sebuah Cinta
17. Blitar Dalam Kenangan

D. Peduli Pada Isu-isu Sosial yang Berkembang di Masyarakat

Sesuai dengan latar belakang saya sebagai aktivis serikat pekerja, permasalahan ketenagakerjaan juga tidak luput dari perhatian saya. Pada saat yang sama, saya mengkombinasikan tulisan tentang ketenagakerjaan dengan isu-isu perempuan. Saya sadar, adalah kewajiban semua warga negara untuk ikut serta mendorong pengarusutamaan gender dalam kehidupan di masyarakat. Dalam kalimat yang lain, bahwa blogger yang berkompetisi disini juga peduli terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat.

18. Kalau Aku Perempuan, Kalian Mau Apa?
19. Catatan Cinta Wanita Pekerja
20. Bicaralah Perempuan
21. Kepedulian pada Pekerja Perempuan
22. Menghindar dari Jebakan Rutinitas

Saya juga menaruh perhatian terhadap persoalan di masyarakat. Khususnya yang memiliki nilai humanisme dan edukasi. Misalnya:

25. Menjaga Eksistensi Seni Tradisional
26. Wajah Ramah Kepolisian Kita
27. ATM Baru Milik Mira

E. Djarum Black Dalam Cerpen

Untuk menghadirkan nuansa baru, saya juga memasukkan tulisan untuk kompetisi ini dalam bentuk cerpen. Pembaca tidak saja disuguhkan berbagai postingan dalam bentuk artikel. Namun juga cerpen yang dikemas secara ringan, sehingga diharapkan bisa menghibur, seperti dua cerpen di bawah ini:

23. (Cerpen) Sumbangsih Black Community pada Kejayaan NKRI
24. (Cerpen) Pesan Tarjo Pada Cucunya

Dengan berbagai postingan yang berkualitas itu, tidak berlebihan bila saya mengatakan, bahwa blog ini memang layak memenangkan Djarum Black Blog Competition Vol. 2.

Bila Ternyata Kalah?

Ini penting untuk dijawab. Jika kita memiliki banyak rencana saat memenangkan sebuah kompetisi, pada saat yang sama, sudah seharusnya kita memiliki beberapa opsi jika ternyata gagal. Pertanyaannya, apa yang akan kita lakukan jika ternyata gagal?

Yang pasti, saya akan tetap menulis. Apapun hasil akhir dari kompetisi ini. Namun tidak sekedar menulis, saya memiliki rencana besar untuk menjadikan blog ini tidak lagi bersifat generalis. Saya hendak membangun sebuah karakter kuat dalam setiap postingan yang ada di dalamnya. Hanya, memang, rencana besar itu akan semakin mudah diwujudkan jika saya berhasil mendapatkan laptop. (*)

Tinggalkan Balasan

