Serunya Djarum Black Blog Competition: “Jangan Sampai Gelap Mata”

Dua hari menjelang dilaksanakannya vooting, yang akan dilakukan pada tanggal 1 Februari 2010 s/d 31 Maret 2010, aura kompetisi Djarum Black Blog Competition Vol. 2 kian terasa hangat. Para peserta mulai bersiap, sebagian besar bahkan sudah menyelesaikan target 20 artikel. sudah mendaftarkan diri. Banyak diantara mereka blogger handal yang sudah lama malang melintang di dunia maya. Sebagian yang lain muncul sebagai pendatang baru, dengan kualitas postingannya tidak kalah bermutu.

Kompetisi menulis dikalangan blogger Indonesia ini, tentu saja sangat bergengsi. Apalagi, tulisan yang dilombakan memuat pengalaman sehari-hari dan pandangan individu terhadap suatu hal. Minimal harus ada 20 artikel. Tentu saja, ini membutuhkan ‘nafas panjang’ dan energi ekstra.

Memberatkan peserta? Saya kira tidak. Sebab, sebenarnya, pendaftaran artikel blog durasinya cukup lama. Enam bulan, dimulai dari tanggal 01 September 2009 sampai dengan 28 Februari 2010. Lagi pula, salah satu latar belakang kompetisi ini adalah untuk menemukan generasi baru yang lebih expressive, speak up their opinion, care to their surroundings, and creative.

Tanggal 28 Januari 2010 kemarin, saya menyempatkan diri melihat-lihat karya peserta, khususnya 5 blogger yang mendaftar pertamakali. Awalnya saya menduga, mereka lebih siap. Sebab sudah start sejak peluit pertama ditiup:

Wahyudi Nur Heriansyah (bergabung tanggal 02 September 2009)

Meski terdaftar di nomor wahid, namun Wahyudi baru menulis 1 artikel untuk lomba ini. Seperti yang diakuinya sendiri: “Masih inget kan sama Djarum Black Blog Competition Vol.2?! ternyata selama ini gue baru nulis 1 artikel dari jumlah wajib yang harus libih dari 20 artikel.. :DD sedangkan bulan depan voting udah dibuka dan akan dilakukan di Autoblackthrough.com/blogcompetition . Sekarang bingung dah.”

Ahmad Zazili (bergabung tanggal 03 September 2009)

Blog yang postingan pertama dilakukan pada tanggal 3 September ini, oleh Ahmad Zazili memang didedikasikan bagi para Black Community. “Semoga blog ini bisa menjadi jembatan informasi yang berguna buat kita semua, khususnya para Black Community di manapun berada”, tulisnya.

Tidak heran, bila kemudian, postingan dalam blog ini banyak memberikan informasi terkait dengan Djarum Black. Tulisan terakhir (per 28/01) antara adalah: Black in News Versi Magazine Volume II; Djarum Black Innovation Award Goes to Campus; Black Innovation Award 2009; Lowongan Desain Grafis Februari 2010; Autoblackthrough Goes to Campus di Denpasar; Djarum Black Motodify from Bojonegoro; Miss Autoblacktrough 2009, dsb.

Susanto Wibowo (bergabung tanggal 03 September 2009)

Mengikuti kompetisi ini, Susanto Wibowo tetap menjadi dirinya. Ia tidak latah merubah blognya menjadi “Black”, dan isi artikelnya pun masih terkait dengan apa yang selama ini ia gemari. Sebut saja, Sebuah Inspirasi Penulis dan Penjual dan pembeli?? Siapa Untung. Hingga hari ini (18/01), sepanjang yang saya ketahui, ia baru memosting 5 artikel untuk lomba.

Rizky.firdiansyah (bergabung tanggal 04 September 2009)

Soal produktivitas, Rizky Firdiansyah jangan diragukan. Hari ini, bahkan ia sudah memposting tidak kurang 40 artikel. Tulisannya berbicara tentang Djarum Black, dengan segala kegiatan yang diselenggarakannya. Judulnya tak kalah seru: Djarum Black Innovation Awards 2009 : Seneng Banget Dapat Hadiah Berkat Voting ; Djarum Black Said : Konsep Ini Membuat Kita Seperti Di Dunia Mafia; Djarum Black Menthol Power Beat Mafia Wars, dan berbagai judul dengan nuansa yang sama.

Sepintas, saya menyangka blog ini adalah milik Djarum Black. Habisnya, Rizky memiliki referensi yang mendalam tentang berbagai perhelatan yang digelar Djarum Black.

Nurmanto (bergabung tanggal 04 September 2009)

“Blogger Sanak Lappung” ini boleh dibilang sangat siap menghadapi kompetisi ini. Aroma Djarum Black sangat kental terada dalam Blognya. Hingga hari ini (28/01), ia sudah menyelesaikan tidak kurang 22 artikel.

Menarik, karena Nurmanto sangat cerdas mengaitkan setiap ide tulisannya dengan Djarum Black. Membaca judul setiap artikelnya saja, pembaca sudah bisa menebak kalau mahasiswa Universitas Sekolah Tinggi Teknologi POMOSDA ini memang secara khusus mendesain artikelnya untuk ikut kompetisi ini. Sebut saja beberapa judul: Orang Hitam Selalu Keren dan Sukses, Indahnya Kebersamaan Bersama Djarum Black, dsb.

Penutup

Semua masih memiliki waktu untuk memperbaiki diri. Sebab, batas akhir pengiriman artikel tanggal 28 Februari 2010. Dengan demikian, kita masih bisa terus berharap akan lahirnya karya-karya bermutu.

Satu hal yang mesti dijaga. Jangan sampai serunya Djarum Black Blog Competition Vol. 2 ini membuat kita gelap mata. Misalnya dengan memosting tulisan tanpa pesan apapun di dalamnya. Hanya untuk memenuhi target 20 artikel yang dibebankan oleh panitia. Apalagi bila sampai sekedar copy paste.

Blogger harus bisa membuktikan, bahwa dirinya memang expressive dan speak up their opinion. Semoga kompetisi memberikan makna Indonesia kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s