6 Titik yang Menentukan

Bulan Januari ini saya seperti memiliki energi yang berlipat. Betapa tidak, di awal tahun 2010 ini, 6 perlombaan menulis yang saya ikuti akan diumumkan siapa saja pemenangnya. Senang saja menunggu detik-detik pengumuman itu, yang membuat saya semakin bersemangat dan selaksa berada di tengah-tengah komunitas Black Car Community dengan mobil-mobil indah dan mewah. Dengan kata lain, melalui lomba-lomba yang saya ikuti, saya tidak pernah berhenti mempunyai harapan.

Saya menyebutnya sebagai 6 titik yang menentukan. Apapun hasilnya nanti, semua ini akan berpengaruh dalam karir menulis saya kedepan. Apalagi bila berhasil menjadi juara, tentu akan menjadi modal berharga dalam satu tahun kedepan. Setidaknya, akan memotivasi saya dalam mengikuti kompetisi menulis blog yang diselenggarakan Djarum Black (Djarum Black Blog Competition Vol. 2).

Salah satu perlombaan, Kisah Kasih Ibu, sudah diumumkan tanggal 10 Januari 2010 dan saya gagal menjadi salah satu juara. Sedangkan 5 perlombaan segera menyusul pengumumannya., yaitu:

1. LOMBA CERPEN SCIENCE FICTION

Lomba ini bertema “Dunia Masa Depan dalam Imajinasi”, yang diselenggarakan oleh panitia MIPA EXPO 2009 FMIPA UGM. Terkait dengan impian untuk masa depan di bidang IPTEK. Peserta juga bisa menuangkan harapan untuk Indonesia yang lebih baik dalam karyanya. Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 13 Januari 2010.

2. LOMBA KELANA LEBARAN

Lomba Kelana Lebaran diselenggarakan oleh Sekolah Kehidupan. Tulisan yang dilombakan terkait dengan laporan perjalanan selama lebaran. Tentang mudik, tentang tempat wisata yang kita kunjungi, dan sebagainya. Lomba yang juga disponsori oleh Indiscript dan Lingkar Pena Publishing ini akan diumumkan pada 14 Januari 2010. Dalam lomba ini, saya mengikutsertakan dua buah artikel, Blitar, Setelah 8 Tahun K
kutinggalkan dan Pesona Sungai Musi.

3. LOMBA MENULIS MOTIVASI BLOGGER

Lomba ini diselenggarakan oleh Indonesia Menulis dot Com. Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi kepada blogger Indonesia agar aktif menulis, dan akan diumumkan pada tanggal 15 Januari 2009. Sebagai pendatang baru dalam dunia per-blogger-an Indonesia, rasanya sangat berat bagi saya untuk lolos dari lobang jarum perlombaan. Bukankah, seharusnya saya yang harus dimotivasi?

4. LOMBA MENULIS ARTIKEL – KOMPAK

Adalah Komunitas Peduli Media (Hiburan) Anak dan Lingkar Pena Publishing House yang mengadakan lomba menulis artikel tentang kebiasaan mendongeng dan membaca buku bagi anak dengan tema: ” CINTA DONGENG, CINTA BUKU”. Lomba menulis artikel ini diadakan untuk mengajak anggota KOMPAK untuk terus meningkatkan perhatian kepada media anak, sekaligus mengajak anggota untuk saling belajar dan menularkan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat luas. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2009. Saya optimis, artikel saya berjudul Mendongeng Bisa Mengalihkan Perhatian Anak dari Televisi akan menjadi pemenangnya.

5. XL AWARD 2009 (LOMBA KARYA TULIS DAN FOTO)

Lomba dengan total hadiah mencapai 200 juta ini mengangkat tema Upaya XL memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi pelanggan dan Indonesia. Disamping itu, terdapat juga tema pilihan yang meliputi (a) Regulasi pemerintah bidang telekomunikasi dan konsekuensi bagi industri selular, (b) Kovergensi IT dan Telekomunikasi dan keuntungan bagi masyarakat, (c) Menyambut lahirnya teknologi 4G di pasar Indonesia, (c) Dampak investasi di sektor telekomunikasi selular terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, (d) Dampak tarif telekomunikasi yang murah terhadap upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dan (e) Pengaruh perkembangan telekomunikasi selular terhadap perkembangan industri tertentu di Indonesia (misalnya: industri baja, industrijasa konstruksi). Saya sendiri menominasikan tulisan saya berjudul Di Tengah Sawah, Di Atas Punggung Kerbau berhasil menembus 6 besar pada akhir Januari 2010 nanti.

Tinggalkan Balasan

