Sang Inspirator (Testimoni Keikutsertaan Saya Dalam Djarum Black Blog Competition Vol. 2)


Saya mengetahui informasi tentang kompetisi menulis dikalangan blogger Indonesia ini sejak akhir bulan November 2009. Sebagai seseorang yang baru saja mendeklarasikan diri sebagai blogger (ditandai dengan postingan saya berjudul Blogger Perlu Memiliki Visi dan Misi), kompetisi ini selalu menghentak-hentak jiwa saya untuk ikut serta. Namun apa daya, saya menghadapi sebuah kendala pelik yang sulit untuk dipecahkan. Saya terhambat di tahap pendaftaran.

Ternyata code official banner “DJARUM BLACK BLOG COMPETITION VOL. 2” yang disediakan oleh panitia tidak bisa dipasang pada blog yang menggunakan wordpress. Setelah beberapa kali mencoba, dan tetap tidak berhasil, saya bahkan sudah bermaksud untuk mengangkat bendera.

Sempat Terfikir untuk Membuat Blog Baru

“Sudahlah, mungkin kompetisi ini bukan untuk saya,” pikiran seperti ini sempat terbesit dalam pikiran saya. Hanya, memang, saya tidak pernah berhenti berfikir untuk mencari cara agar bisa lolos dalam rintangan pertama. Saya terinspirasi blackinnovationawards, jadi harus berfikir inovatif, dan semakin giat memikirkan cara-cara inovatif untuk mengatasi kendala yang saya hadapi.

Sempat terbesit dalam pikiran saya untuk membuat blog baru menggunakan blogspot, dengan memberi title “Generasi Black Innovation”. Rencananya, saya akan mengisi blog ini dengan postingan-postingan yang berkaitan dengan Djarum Black.

Saya sudah mencoba, dan code official banner bisa dipasang di blogspot.

Namun saya segera sadar, bloging merupakan lifestyle. Bukan hanya sekedar untuk ikut lomba. Apalagi kemudian menggadaikan visi dan misi untuk semata-mata mengharap hadiah. Saya tidak ingin blog yang saya buat terbengkalai setelah kompetisi selesai. Pendek kata, kalaupun saya mengikuti Djarum Black Blok Competition Vol. 2, harus di blog yang saya gunakan sehari-hari. Dengan demikian, saya bisa lebih expressive, speak up their opinion, care to their surroundings, and creative.

Dalam kebingungan, saya melihat daftar peserta Djarum Black Blog Competition di http://www.autoblackthrough.com/blogcompetition/. Disana terdapat peserta yang menggunakan wordpress. Salah satunya adalah milik Kamal Fuadi. Saya semakin bersemangat, bahwa blog milik saya juga bisa!

Meskipun tidak yakin akan mendapat jawaban yang saya inginkan, namun toh akhirnya saya bertanya kepada Kamal Fuadi tentang kesulitan saya memasang banner Djarum Black Blok Competition Vol. 2 di blog. Tanpa banner itu, saya tidak bisa mengikuti Djarum Black Blok Competition. Dan ini berarti, seorang pesaing telah tersingkirkan.

Tidak berselang lama, Kamal Fuadi memberitahukan, bahwa memang banner yang disediakan panitia tidak bisa dipasang di wordpress dan memberitahukan kepada saya bila ingin memasang banner itu agar menggunakan photobucket. Dan ketika saya kesulitan memanfaatkan photobucket, Kamal bahkan berbaik hati dengan mengirimkan html banner itu kepada saya.

Apa yang dilakukan Kamal Fuadi memberikan inspirasi kepada saya. Ia tidak saja sportif, namun juga baik hati. Bisa saja ia berfikir picik dengan tidak memberikan html banner-nya. Setidaknya dengan demikian, seorang pesaing telah tersingkirkan. Namun Kamal Fuadi tidak berfikiran seperti itu.

Kompetisi menulis di blog ini telah membuat saya bertambah teman. Senang saja, bahwa Djarum Black Blog Competition telah membuka cakrawala berfikir saya. Bahwa kemenangan yang sesungguhnya bukanlah semata-mata tampil di podium juara. Namun juga mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan berbagi dengan mereka yang (*)

Posted in Tak Berkategori

4 thoughts on “Sang Inspirator (Testimoni Keikutsertaan Saya Dalam Djarum Black Blog Competition Vol. 2)

  1. blog hosting di wordpress memang tidak bisa dipasangi javascript. itulah kelemahan hosting blog di wordpress.
    pindahin aja mas, bikin hosting sendiri, tapi scriptnya pake wordpress. jadi bisa dengan leluasa mengedit layout dan segala tetek bengeknya. 😀

Tinggalkan Balasan

