Kabar Indonesia, Harian Online Terkemuka di Indonesia

Siang itu, saat browsing di internet, secara tak sengaja saya menemukan Harian Online Kabar Indonesia (HOKI). Saya tersenyum senang. Sungguh. Seperti mendapat durian runtuh saja rasanya. Betapa tidak, dunia tulis-menulis memang menjadi perhatian dan kegemaran saya sejak lama.

Tanpa pikir panjang, saya segera mendaftar sebagai penulis HOKI. Prosesnya begitu mudah. Pertanyaannya kemudian, apakah kemudahan itu juga berlaku saat kita mengirimkan naskah?

Benar juga. Tulisan pertama saya ditayangkan, hanya beberapa jam setelah proses pengirimam selesai. Hal itu membuat kepercayaan diri saya bertambah. ”Setidaknya tulisan saya layak untuk dibaca. Minimal menurut redaksi HOKI,” begitu pikir saya.

”Lihat, tulisan saya dimuat di HOKI,” kata saya kepada Iwan, teman satu ruangan di kantor.

Sekilas dibacanya judul berita yang saya buat, sebelum kemudian Iwan berkata pelan, ”Ada honornya tidak?”

Ya, pertanyaan itu sempat mengusik hati saya untuk beberapa hari. Buat apa capek-capek menulis kalau tidak ada honornya? Atau malah, jangan-jangan tidak ada yang tertarik sama sekali membaca tulisan kita? Tapi perasaan itu segera berakhir saat redaksi HOKI memberitahukan via e-mail bahwa berita yang saya buat mendapat komentar dari pembaca. Semangat saya melambung kembali. Bahkan rasanya, kebahagiaan itu lebih besar dibandingkan dengan ketika mendapatkan honor dari media massa. Ada apresiasi dari tulisan yang saya buat.

Dari mana saya tahu itu? Jangan salah, sebelumnya, tulisan saya pernah dimuat di berbagai media. Sebut saja Elka-Sabili, Fajar Banten, Radar Banten, Tangerang Tribun, Majalah Garis, dsb. Ada honorarium yang saya dapat dari sana. Jadi saya bisa membandingkan, bahkan merasakannya secara langsung. Dimuat dan mendapat honor memang menyenangkan. Namun ketika idealisme (saya termasuk orang yang beranggapan bahwa menulis adalah bagian dari idealisme) menemukan salurannya, rasanya tidak ternilai dengan materi.

”Kalau mau menjadi penulis besar, jangan mata duitan. Hanya mau menulis kalau ada honornya…,” kata istri saya suatu ketika. Saya kira ada benarnya.

Saat ini penulis HOKI sudah mencapai angka 10.000 orang. Sebuah jumlah yang fantastis. Rasanya tidak lagi penting, apakah 10.000 orang itu aktif menulis atau tidak. Paling tidak fakta itu memperlihatkan, sekurangnya 10.000 orang pernah singgah di ”rumah maya HOKI” dan meninggalkan jejak di sana.

Dalam kaitan dengan ulang tahun yang ketiga, ada beberapa hal yang bisa saya sarankan untuk kemajuan HOKI ke depan.

Pertama, HOKI menerbitkan buku yang berisi berita-berita terbaik – tentu saja yang pernah ditayangkan di HOKI – selama satu tahun terakhir (semacam buku antropologi), lengkap dengan analisis seorang pakar di bidangnya. Syukur-syukur kalau setiap tahun HOKI bisa melakukan ini. Saya yakin, cara ini akan memotivasi para penulis untuk konsisten dalam menulis.

Kedua, dilakukan verifikasi ulang terhadap para penulis HOKI. Khususnya terkait dengan tingkat keaktifan dalam menulis dan domisili di mana mereka berada. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan konsolidasi terhadap penulis HOKI. Misalnya dengan membentuk koordinator di tiap-tiap provinsi/ wilayah, dan memudahkan bila satu ketika nanti bermaksud menyelenggarakan kontak darat (diumumkan siapa saja para penulis HOKI di wilayah tersebut).

Saya begitu yakin, kalau dikelola benar, dengan 10.000 orang penulis, HOKI bisa mengguncang dunia. Inilah kira-kira yang akan dituju dengan adanya verifikasi di atas. Dan untuk menuju ke sana, harus ada konsolidasi. Saya melihat, ke depan, Kabar Indonesia akan menjadi Harian Online terkemuka. Tidak akan lama lagi. Amin.

Pemenang dalam mengirimkan kesan dan saran kepada Redaksi HOKI.

Ditulis Oleh: Kahar S. Cahyono
Penulis/Blogger/Pecinta Buku dan Praktisi Ketenagakerjaan

Iklan
Dikirimkan di Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s