Tentang Kahar

Kahar S. Cahyono lahir di Blitar, tanggal 3 Mei 1982. Ayahnya bernama Katidjan, seorang perangkat desa Jatitengah (Kepala Urusan Pemerintahan). Ibunya bernama Harini Asih. Terlahir empat bersaudara: Tititn Istining Dwi Asih (alm), Hesta Wahyuono, dan Citra Yudha Pribadi.

Kahar menyelesaikan pendidikan di SMKN 1 Blitar tahun 2001, dan pada tahun itu juga ia hijrah ke Serang, Banten. Di Banten, Kahar bekerja di PT. Sanex Qianjiang Motor International, Tbk dengan posisi terakhir sebagai Staff PPIC. Setelah keluar dari perusahaan yang bergerak di bidang automotif tersebut di tahun 2008, saat ini Kahar bekerja di sebuah perusahaan swasta pada bagian Management Information System (MIS) .

Tahun 2004, Kahar mempersunting gadis yang menjadi tambatan hatinya, Maimunah. Seorang guru Raudhatul Athfal (RA) di Yayasan Pendidikan Islam As-Sanariyah. Pernikahannya dengan Maimunah dikaruniai dua orang buah hati, Abdullah Fadllan Harist (4,5 tahun), dan Haya Auriza Satifa (2 tahun).

”Saya bersyukur menikah muda. Sehingga dengan sendirinya selalu terpacu untuk berperilaku dan berfikir dewasa, melampaui usia saya yang sebenarnya,” ujar Kahar mengenai keluarganya.

Lelaki yang juga dikenal sebagai praktisi ketenagakerjaan ini sebenarnya sudah diwisuda dari D2 Institut Agama Islam Banten. Namun ia mengaku lebih nyaman mengenalkan diri lulusan SMK. Sebabnya adalah, ia belum ijazah D2-nya, karena belum menyelesaikan tunggakan uang kuliah beberapa semester. Apalagi, sang istri, tahun ini juga melanjutkan study di Universitas Permata Indonesia.

Kahar mulai berkenalan dengan dunia tulis menulis sejak mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik di SMKN 1 Blitar. Sejak itulah ia memiliki cita-cita menjadi wartawan, atau setidaknya menjadi penulis. Meskipun goresan nasib mengantarkannya bekerja bukan pada bidang itu, namun Kahar selalu menyempatkan diri untuk selalu menulis.

Tulisan-tulisan Kahar pernah dimuat di El-Ka Sabili, Fajar Banten, Radar Banten, Tangerang Tribun, Buletin Lembur, Majalah Garis, Majalah Arsitek, dsb. Diluar itu, ia juga mengelola http://kascey.blogspot.com, dan menjadi citizen journalism (wartawan warga) di Harian Online Kabar Indonesia (www.kabarindonesia.com).

PENGALAMAN ORGANISASI
– Pemimpin Redaksi Majalah Garis [majalah komunitas] ( 2008 s/d Sekarang)
– Koordinator Umum Forum Solidaritas Buruh Serang (2009 – Sekarang)
– Sekretaris Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh Serang (2008 – Sekarang)
– Bendahara DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Prop. Banten (2006 – Sekarang)
– Anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Serang (2006 – 2007)
– Pemimpin Redaksi Majalah Arsitek [Majalah SMKN 1 Blitar] (2000)

PENGHARGAAN DI BIDANG PENULISAN
– Pemenang Lomba Menulis Bertema Ibu yang diselenggarakan Penerbit Serambi
– Juara 2 Rose Heart Writing 2009. Nopember 2009
– Terbaik 3 Lomba Resensi Buku Paris Lumiere de L`Amour yang diselenggarakan Penerbit Lingkar Pena Publishing. Nopember 2009
– Pemenang Penulisan Saran dan Kesan dalam Ulang Tahun ke-3 Harian Online Kabar Indonesia (Nopember 2009)
– Juara Harapan Share Your Career Story yang diselenggarakan konsultankarir.com. Oktober 2009.

Balaraja; 10 Desember 2009

Kahar S. Cahyono
Penulis/Citizen Journalism/Pecinta Buku dan Praktisi Ketenagakerjaan

Iklan

2 pemikiran pada “Tentang Kahar

  1. Ada beberapa kemiripan yang saya miliki dengan bung, memang kadang impian semula yang ingin diraih, tapi kadang Allah berkehendak lain. Entahlah, yang pasti sampai saat ini saya masih bersama FSPMI.

    Padahal dulunya impian saya sama seperti bung. Tapi, saya bersyukur mungkin ini adalah skenario yang Ia berikan, hanya saya terus belajar bahwa masih banyak yang belum saya ketahui apa rahasia dibalik semua itu.

    Wasslam,

    Trisno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s